Sengketa Paten, HTC Kalah dari Apple di AS

Perusahaan teknologi Apple.
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVAnews - Apple masih disibukkan dengan sejumlah permasalahan paten. Kali ini produsen ponsel asal Taiwan, HTC, yang menjadi 'korban' Apple dalam perkara paten.

HTC kalah dalam pertempuran paten dari Apple, setelah Komisi Perdagangan Internasional (The International Trade Commission) menganggap HTC terbukti melakukan pelanggaran paten milik Apple.

Akibatnya, sejumlah smartphone HTC yang menggunakan teknologi yang dipatenkan Apple akan dilarang dijual di Amerika Serikat. Larangan ini akan berlaku mulai 19 April 2012.

Adapun teknologi yang dianggap meniru Apple adalah teknologi terkait tautan data. Misalnya, jika teknologi yang memungkinkan Anda men-tap di touchscreen nomor yang ada di email atau sms, dan kemudian secara otomatis Anda bisa menelpon nomor yang ditautkan. Selain itu, paten lain yang dipermasalahkan adalah tautan data kalender atau perjanjian di email, untuk ditautkan ke fitur yang ada di ponsel hanya dengan satu tap.

Saat ini belum disebutkan tipe HTC apa saja yang akan dilarang dijual di Amerika Serikat. Namun, sejumlah produk HTC yang dipermasalahkan Apple antara lain Nexus One, Touch Pro, Diamond, Tilt II, Dream, myTouch, Hero, dan Droid Eris.

Sementara itu, Konsulat Jenderal HTC, Grace Lei, mengatakan HTC akan menaati putusan komisi tersebut. "HTC akan segera menghapus (teknologi) itu dari ponsel kami," ucap Grace.

Pertamina Siap Jadi 'Motor' Pengembangan Industri Petrokimia RI

Apple vs Android

Apple saat ini memang seakan terus bertempur melawan produsen smartphone berbasis Android. Selain HTC, Apple juga masih bergelut dengan Samsung di pengadilan sejumlah negara, dengan permasalahan sama: paten.

Pendiri Apple sendiri diketahui menganggap sistem operasi Android yang dikembangkan Google sebagai produk curian. Berdasarkan buku "Steve Jobs" yang ditulis Walter Isaacson, bahkan Steve Jobs pernah bersumpah akan menghancurkan Android.

"Saya akan hancurkan Android karena itu merupakan produk curian. Saya akan memulai perang nuklir karena ini," kata Jobs.

Tapi pernyataan Steve Jobs ini kemudian dibantah oleh Executive Chairman Google, Eric Schmidt. Menurut Schmidt, Android telah dikembangkan sebelum Apple mengembangkan iPhone.

"Secara umum, saya pikir semua akan setuju kalau Google merupakan inovator hebat. Saya juga akan menjelaskan, upaya membuat Android telah dimulai sebelum upaya membuat iPhone ada," kata Schmidt, dalam rangkaian tur Asianya di Korea Selatan.

Puteri Azzahra: Perempuan Pilar Utama Membangun Masa Depan Indonesia yang Berkelanjutan

Sumber: Bussiness Week | New York Times | BBC

Pengurus DPW PKS Sumut bersilaturahmi ke Kantor DPD PDIP Sumut, di Kota Medan.(istimewa/VIVA)

PKS Buka Peluang Koalisi dengan PDIP, Edy Rahmayadi Berpotensi Diusung jadi Cagub Sumut

Elite PKS dan PDIP di Sumut tengah menjalin komunikasi politik untuk merajut koalisi di Pilkada 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024