Super WiFi Tekan Seperempat Investasi 3G BTS

Free WiFi di Kawasan Ciliwung
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Operator telekomunikasi gencar membangun jaringan 3G BTS untuk kebutuhan akses data pelanggan. Soal membangun solusi akses data dengan teknologi Super WiFi ini, Indosat mengklaim mampu menekan investasi pembangunan jaringan seluler.

"Ya dengan membangun ini, kita lebih menghemat seperempat dibanding membangun jaringan BTS 3G," kata Bernard Erry Nugroho, Divisi Head Data Product Portfolio PT Indosat, Tbk di Istora Senayan, Jakarta, Jumat 28 September 2012. Menurut Bernard, satu titik hotspot WiFi, Indosat menginvestasikan US$5.000.

Saat ini dengan solusi super WiFi, pelanggan data Indosat yang mencapai 30 juta,  akan merasakan nyaman saat mengakses data. Ia juga berharap, solusi tersebut dapat menaikkan trafik. Bernard menyebutkan, trafik data Indosat saat ini mencapai 50 TB/hari.

"Sekarang pelanggan data mobile mencapai 55 ribu dengan ARPU untuk perangkat small screen mencapai 25 ribu," sebutnya.

Ia menambahkan bahwa setiap titik hotspot WiFi diperuntukkan untuk 100 pelanggan. Sebelumnya Ia menyebutkan kecepatan akses Super WiFi ini mencapai 54 Mbps namun jika dalam kondisi padat pengakses, kecepatan akses per pelanggan menjadi 2 Mbps.

Indosat telah memiliki 700 titik Super WiFi di delapan kota besar di Indonesia, dan terus akan mengembangkan titik sampai 34 ribu di seluruh daerah di Indonesia.

Titik-titik Super WiFi meliputi tempat publik seperi stasiun maupun airport, pusat hiburan, hotel, mall, tampet kuliner. Perangkat yang memungkinkan untuk akses Super WiFi ini yaitu semua jenis BlackBerry, Samsung Galaxy Note 10.1, Samsung Galaxy S III, Nokia Seri E, Huawei Media Pad, iPhone dan iPad. (umi)

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024