Dijual, Nobel Penemuan Struktur DNA

Medali emas Francis Crick
Sumber :
  • livescience.com
VIVAnews -
Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga
Medali Nobel untuk prestasi penemuan spiral Deoxyribonucleic Acid (DNA) yang sudah berumur 60 tahun akan dijual oleh keluarga penerimanya.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Di tahun 1953, ada tiga orang yang memainkan peran penting dalam memecahkan
Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23
helix ganda DNA, yang kemudian diganjar hadiah Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran. Mereka adalah Francis Crick, James D Watson, dan Maurice Wilkins.


Salah satu keluarga Francis Crick, berencana menjual medali emas, piagam diploma, dan beberapa barang penting lainnya, dengan cara dilelang. Hasil penjualan itu akan disumbangkan untuk membiayai institusi penelitian di Amerika Serikat dan Inggris.


"Barang-barang ini sudah tersimpan terlalu lama. Sekarang kami benar-benar tertarik untuk mencari seseorang yang bisa merawatnya, dan mungkin meletakkannya di sebuah tempat yang bisa menginspirasi para ilmuwan," kata Kindra Crick, cucu dari Francis Crick, dilansir
LiveScience,
27 Februari 2013.


Medali emas 23 karat tersebut merupakan prestasi tertinggi dalam bidang biologi, sehingga diklaim memiliki harga yang mahal. Heritage Auctions, rumah lelang yang melakukan penjualan, telah menghargai medali emas dan piagam diploma itu seharga US$500.000, setara Rp5 miliar.


"Ini adalah bintang di dunia pendidikan," kata Sandra Palomino, Direktur Heritage Auctions untuk Naskah Kuno. Dia memperkirakan, medali emas akan mencapai penawaran tertinggi sebesar US$5 juta, atau setara Rp48 miliar.


Lelang yang akan berlangsung bulan April ini juga menyediakan barang-barang pribadi Francis Crick lainnya, seperti jubah laboratorium ilmuwan, jurnal-jurnal, dan beberapa buku.


Selain itu, keluarga juga ingin menjual surat tulisan tangan Francis Crick yang ditujukan kepada putra Michael yang berumur 12 tahun, yang merupakan ayah dari Kindra Crick.


Surat yang ditulis pada tahun 1953 itu menggambarkan makna dari penemuan yang dilakukan Francis Crick. Namun, rumah lelang yang menangani penjualan, Christies, menolak mengkonfirmasi rencana penjualan surat tersebut.


Kindra Crick menegaskan bahwa pembeli yang menang lelang harus memberikan jaminan bahwa medali itu akan dipamerkan pada masyarakat umum.


Keluarga Crick dan Heritage Auctions berencana menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan medali Nobel dan barang lainnya untuk pembangunan Francis Crick Institute, sebuah lembaga penelitian medis yang akan dibangun di London pada tahun 2015.


Sementara sebagian hasil penjualan surat tulisan tangan Francis Crick akan disumbangkan ke Salk Institute di California, AS. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya