Penampakan Dunia pada 120 Tahun Terakhir

Ilustrasi serangan ke gedung WTC
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
30-07-1945: Kapal Perang AS Karam Ditembak Jepang
- Situs berbagi video, Youtube, kini kedatangan kumpulan video dengan durasi lebih dari satu juta menit. Video tersebut berisi tentang peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di penjuru dunia selama kurun waktu 120 tahun terakhir.

Peringati Tragedi Hiroshima, AS Tak Minta Maaf

Dilansir dari
05-04-1945: Tumpas Jerman, Tokoh Ini Persilakan Soviet Masuk
The Verge , Kamis, 23 Juli 2015, kumpulan video tersebut diunggah oleh dua saluran Youtube, yakni Associated Press (AP) dan British Movietone. Setidaknya, bila digabungkan kedua saluran tersebut mengunggah sekitar 550 ribu video.


Tercatat video mengenai penangkapan terhadap pemboman Pearl Harbor, efek dari gempa bumi di San Fransisco tahun 1906, runtuhnya tembok Berlin, Tiananmen Square "
Tank Man
", hingga robohnya dua menara kembar WTC.


Direktur Arsip Internasional AP, Alwyn Lindsey, mengatakan bahwa salurannya ini telah mendirikan ensiklopedia visual tentang abad paling bergejolak dalam sejarah manusia.


"Di AP, kami selalu mencari rekaman seluas-luasnya yang kita punya aksesnya, lalu kita unggah ke Youtube untuk pertama kalinya. Masyarakat dapat menikmati kumpulan video paling luar biasa dalam sejarah," jelas dia.


Dikutip dari Cnet, dahulu Youtube digunakan untuk keperluan mengunggah video amatir. Namun, kini situs kepunyaan Google tersebut sudah beralih menjadi wadah arsip video-video profesional melalui saluran yang dibuat oleh penggunanya.


Sementara diketahui, 550 ribu klip dengan total durasi video hingga lebih dari satu juta menit oleh AP dan British Movitone, menjadi klip berita sejarah terbesar yang pernah diunggah di Youtube. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya