Solusi Schneider agar Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Suasana kompleks perumahan Vila Nusa Indah
Sumber :
  • VIVAnews

VIVA.co.id – Perusahaan global di bidang pengelolaan energi dan automasi, Schneider Electric, berikan solusi agar rumah aman ditinggalkan saat libur Lebaran. 

5 Tips Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik

Dari data yang dikutip oleh Schneider dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, tahun lalu sebanyak 52 kasus kebakaran terjadi di DKI Jakarta saat musim mudik Lebaran.

Penyebabnya tak lain didominasi oleh hubungan pendek arus listrik.

Seni Mencegah Barang Penting Hilang Dalam Rumah

Vice President Partner Retail Business Schneider Electric Indonesia, Mateus Bernath memaparkan, saat mudik ke kampung halaman, pemilik kerap meninggalkan rumah atau bangunan tanpa penjagaan dan pengawasan. 

"Kondisi tanpa penghuni ini terkadang menimbulkan potensi masalah jika sebelumnya pemiliknya tidak mempersiapkan keamanan rumah dan bangunan, seperti insiden kebakaran akibat arus pendek listrik," jelas Bernath, saat ditemui di Jakarta, Selasa, 21 Juni 2016.

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Solusi pertama dari Schneider adalah mini circuit breaker (MCB), Bernath mengatakan, MCB yang dipasang akan melindungi rumah dari bahaya arus pendek yang berujung pada potensi kebakaran. 

MCB bekerja dengan aman ketika terjadi arus pendek atau saat daya listrik yang digunakan melebihi arus normal.

Tapi, MCB tidak memiliki kemampuan untuk melindungi pimilik rumah dari bahaya sengatan listrik, karena MCab tidak memiliki kemampuan untuk mendeteksi arus bocor.

Solusinya dengan earth leakage circuit breaker (ELCB), ELCB dapat melindungi aset dari kebakaran dan melindungi manusia dari bahaya sengatan listrik. 

ELCB dapat mendeteksi perbedaan arus dan secara cepat akan memutuskan rangkaian listrik tersebut sehingga tidak menyebabkan kecelakaan fatal.

"Namun, pemakaian ELCB tidak menjamin bahwa kita tidak akan tersengat listrik, ELCB hanya akan memutuskan listrik secara cepat sehingga tidak sampai menyebabkan kematian," tambah Bernath.

Ketiga, residual current circuit breaker with over current protection (RCBO), perangkat listrik yang menggabungkan MCB dan ELCB. 

"Jadi, selain berfungsi untuk memutus arus listrik secara otomatis apabila terjadi hubungan arus pendek karena beban arus berlebih, RCBO juga berfungsi untuk memutus arus listrik saat terdeteksi adanya kebocoran arus listrik ke tanah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya