Pesawat N219 Sukses Terbang, Pilot Esther Menangis Haru

Chief Test Pilot PT. Dirgantara Indonesia, Kapten Esther Gayatri Saleh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – Pesawat karya anak dalam Negeri produksi PT. Dirgantara Indonesia, N219 akhirnya mendarat mulus setelah 20 menit melewati uji terbang perdana mengitari langit Batu Jajar Bandung Barat.

Sejumlah Kader NU Beli Lima Pesawat N-219

Chief Test Pilot PT. Dirgantara Indonesia, Kapten Esther Gayatri Saleh yang bertindak sebagai pilot pesawat turun dengan mata berlinang disambut jajaran direksi PT. DI dan instansi lainnya.

"Pesawat berjalan baik sesuai apa yang dilatihkan dan diprediksi. Semua stabil baik saat take off, terbang dan landing," ujar Esther saat disambangi di kokpit N219, Rabu ,16 Agustus 2017.

Aceh Beli Pesawat N-219 untuk Jangkau Daerah Kepulauan

Menurutnya, hasil uji perdana ini memberikan hasil positif untuk pengembangan pesawat dalam negeri menjadi lebih maju. Hasil uji perdana ini akan jadi acuan pengembangan N219.

"Merdeka untuk Indonesia, kita bisa hadirkan produk anak bangsa. Jadi ini masih baru perdana terbang, semua unsur pesawat merespons dengan baik," katanya.

Dikunjungi Presiden Mikronesia, Jokowi Tawarkan Pesawat PT DI

Seusai pesawat N219 mendarat mulus, seluruh jajaran PT. DI tak henti-hentinya memuji keberhasilan pengujian tersebut. Uji terbang perdana pesawat produk dalam negeri terakhir dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto 1995 dengan penerbangan pesawat Gatotkaca N250.

Uji terbang pesawat N219 PT. Dirgantara Indonesia

Pesawat N219 saat mendarat (landing).

Spesifikasi Pesawat N-219 yang Mau Diborong Kader NU

Penandatanganan pembelian lima pesawat N-219 dihadiri enam kader PKPNU dan pihak PT DI selaku produsen pesawat, bertepatan dengan Hari Pahlawan

img_title
VIVA.co.id
12 November 2021