Saat YouTuber Curhat Blokir Tumblr

Kreator konten digital bertemu dengan Kominfo
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Puluhan kreator konten berbincang bersama dengan sejumlah pemangku kepentingan dalam acara Siberkreasi, Senin malam, 9 Apil 2018. Salah satu yang hadir malam itu adalah perwakilan dari Kementerian Kominfo, Menkominfo Rudiantara dan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan. 

Yeay, Kominfo Buka Blokir Tumblr

Dalam pertemuan tersebut, kreator konten menyoroti pemblokiran Tumblr yang terjadi belum lama ini. Beberapa konten kreator yang menggunakan Tumblr menyayangkan platform itu diblokir dan meminta Kominfo untuk melibatkan pengguna dalam pemblokiran sebuah situs atau aplikasi tertentu. Mereka tak ingin nantinya situs lain yang mendukung kreator diblokir. 

Rudiantara menilai acara kumpul dan berdiskusi ini sangat baik, karena baik pihak konten kreator dan para pejabat harus saling mengenal satu sama lain. Komunitas konten kreator ini perlu tahu soal apa saja yang terjadi dunia maya, serta pihak-pihak terkait termasuk Kominfo juga harus tahu yang terjadi pada pihak konten kreator sendiri. 

Konten Dewasa Perlahan Hilang dari Tumblr

"Justru yang harus kita bicara komunitas-komunitas begini. Karena komunitas begini kan juga harus tahu yang terjadi di dunia maya dan kami juga harus tahu yang terjadi bagi teman-teman YouTuber," jelasnya di Jakarta.

YouTuber Ibob Tarigan mengusulkan, adanya gerakan membuat konten tematik bersama yang bisa membuat trending, yaitu bisa menjadikan sebuah video menjadi populer.

Media Sosial yang Pernah Dilarang di Indonesia Ini Blokir Konten Porno

"Kami berharap bisa ada gerakan membuat konten tematik bersama yang bisa dimanfaatkan oleh konten kreator dan memunculkan trending. Ini sekaligus bisa menonjolkan suara YouTuber Indonesia di ranah YouTube," ujar Ibob. 

Tumblr

Menurut Event Coordinator Siberkreasi, Ivana Maida, acara ini diusahakan akan berlangsung secara berkala. Ia menyatakan Siberkreasi yang diadakan untuk bisa mendekatkan jarak konten kreator dengan pemerintah dan mengeluarkan pertanyaannya pada para pemangku jabatan. 

"Kami bikin ini tujuannya kami mau tahu dulu, hitung-hitung seperti riset. Risetnya itu fun. Lalu kita berharap bisa tiga bulan sekali bikin acara seperti ini," jelasnya. 

Selain dari Kominfo, hadir pula dalam pertemuan ini Ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Yualiandre Darwis dan Dirut TVRI, Helmy Yahya dan Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif, Hari Sungkari. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya