NASA Rilis Foto Aurora di Saturnus, Kayak Apa Penampakannya?

Aurora di Saturnus
Sumber :
  • NASA

VIVA – Tahun lalu, ketika pesawat ruang angkasa Cassini masih mengorbit Saturnus, Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA (HST) menangkap pemandangan aurora menakjubkan dari planet itu. Setelah digabungkan dengan data Cassini, potret tersebut kemudian dirilis sebagai gambar dan video.

Kapan Bumi Kiamat?

Ketika Saturnus mengalami titik balik matahari musim panas pada 24 Mei 2017, berarti kutub utara miring ke arah Matahari. Hubble dan Cassini lantas mengamati dan mengukur aurora utara.

Dilansir dari The Space Reporter, meskipun aurora tampak biru, ia benar-benar bersinar dalam gelombang ultraviolet, yang hanya bisa dilihat dari luar angkasa. Ketika gas hidrogen di kutub utara berinteraksi dengan elektron energik yang dihasilkan oleh medan magnet planet yang kuat, terbentuk aurora yang memancar kuat. 

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Karena Saturnus berputar dengan cepat pada porosnya, dengan satu hari di Saturnus yang hanya membutuhkan 11 jam, penampilan aurora terus berubah.

Gambar dan video yang sebenarnya dirilis oleh NASA adalah komposit yang menyertakan gambar aurora yang diambil pada awal 2018, dan transformasi dari foto Mei 2017 dari panjang gelombang ultraviolet.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Salah satu gambar terakhir Cassini sebelum jatuh ke atmosfer Saturnus September lalu mengungkapkan, badai aurora yang belum pernah dilihat sebelumnya yang dihasilkan oleh interaksi antara plasma di magnetosfer planet dan atmosfer atasnya.

Pesawat ruang angkasa juga melacak struktur berbentuk busur di dalam aurora saat ia tumbuh dan akhirnya menghilang.

Pada sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters, para ilmuwan Cassini mencatat bahwa aurora Saturnus memiliki kemiripan yang mencolok dengan aurora yang terlihat di Bumi. Ilmuwan menghubungkan proses terbentuknya aurora itu dengan angin matahari, serta aliran partikel bermuatan yang berasal dari Matahari.

Dari pengamatan gabungan Hubble dan Cassini, para ilmuwan mengetahui bahwa aurora Saturnus sangat memuncak tepat sebelum tengah malam di planet itu, kemudian seperti itu lagi sekitar fajar. Karakteristik ini juga ditengarai memiliki kesamaan dengan aurora Bumi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya