Bunga Bangkai Titan Arum 'Show-off' di Kebun Binatang Kanada

Bunga Bangkai mekar di Kebun Binatang Toronto, Kanada.
Sumber :
  • Dok. Kebun Binatang Toronto

VIVA – Bunga Bangkai Titan Arum mekar pada Kamis, 13 September 2018 di Kebun Binatang Toronto, Kanada, pukul 21.30 waktu setempat.

5 Tumbuhan Langka di Indonesia, Miliki Kayu Terkuat Hingga Bunga Terindah

Kemunculannya ini dikatakan di luar prediksi, sebab, umumnya Titan Arum muncul pada kisaran tahun ke sepuluh. Bunga Bangkai ini merupakan bunga majemuk terbesar dan tertinggi yang ada di dunia.

"Bunga yang mekar saat ini berasal dari tanaman yang baru berusia 5 tahun," kata Chief Executive Officer Kebun Binatang Toronto, Dolf Dejong, dalam keterangannya, Senin, 17 September 2018.

Penampakan Bunga Bangkai di Rumah Warga Jaksel yang Bau Tiap Malam

Menurutnya, Kebun Binatang Toronto memiliki lebih dari 15 tanaman sejenis yang didapatkan dari Niagara Botanical Garden pada 2013. Titan Arum berasal dari Sumatera Barat dan ditemukan pertama kali pada 1878 oleh Botanis asal Italia, Odoardo Beccari.

Ia menuturkan, umur Titan Arum yang ada di kebun binatangnya antara satu hingga lima tahun. "Semuanya Bunga Bangkai itu berasal dari Pulau Sumatera," tegas dia.

PM Kanada Trudeau Kecam Pembunuhan Keluarga Muslim Sebagai Kejahatan

Mekarnya Titan Arum ternyata menarik minat pengunjung Kebun Binatang Toronto. Mereka antusias dan terlihat mengantre di bagian Greenhouse, tempat bunga itu berada.

"Lebih dari 400 pengunjung hadir di hari pertama mekarnya Titan Arum. Banyak yang penasaran dengan karakteristik bunga yang mengeluarkan bau tak sedap ini," kata Dejong.

Karena melihat antusiasme pengunjung pada Bunga Bangkai Titan Arum, maka Dejong memutuskan membuka jam operasional hingga pukul 21.30 waktu setempat.

Sementara itu, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Toronto, Kanada, Leonard F. Hutabarat, ikut melihat langsung Bunga Bangkai pertama yang ada di kota tersebut.

"Untuk pertama kalinya, flora endemik Sumatera mekar di kota Toronto. Kemunculan Titan Arum juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat Toronto," kata Leonard.

Keduanya juga sepakat untuk bekerjasama mengenalkan flora yang berasal dari Indonesia. Mereka melakukan pertukaran flora lain serta kerja sama untuk ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tak hanya Titan Arum, Dejong pun mengaku kalau kebun binatangnya juga memiliki binatang asli Indonesia seperti Orang Utan, Komodo, Harimau Sumatera, serta Badak Bercula Satu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya