Di Telkomsel dan XL, RBT 'Jokowi Saja' Cuma Hoax

RBT 'Jokowi Saja'
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Layanan nada dering panggil atau ring back tone dengan lagu 'Jokowi Saja' sedang menjadi perhatian. Kementerian Komunikasi dan Informatika juga merespons munculnya foto RBT 'Jokowi Saja'.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Menurut Kominfo RBT dengan bermuatan politik memang memungkinkan tersedia namun tidak boleh melanggar ketentuan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 9 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Jasa Penyediaan Konten Pada Jaringan Bergerak Seluler.

Dalam foto RBT 'Jokowi Saja' yang beredar, tertera untuk Telkomsel ketik: jokowisaja dan kirim ke 1212; Indosat ketik: jokowisaja dan kirim ke 808; XL/Axis ketik jokowisaja kirim ke 1818; dan Tri ketik 777222 kirim ke 1212.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Telkomsel mengonfirmasi tidak menyediakan program RBT 'Jokowi Saja'. General Manager External Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin menjelaskan program RBT tersebut tidak ada. 

Dalam pengecekan, VIVA mencoba mendaftarkan RBT Jokowi Saja untuk dua operator, yaitu Telkomsel dan XL.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Untuk Telkomsel, saat mendaftarkan RBT tersebut ke nomor 1212, jawabannya layanan tak tersedia. 

"Kode NSP tidak terdaftar. Hubungi *121# untuk NSP seru lainnya atau cek *121*1000 untuk pilihan NSP Serba 1000," demikian jawaban Telkomsel. 

Sedangkan untuk XL, saat mendaftarkan RBT Jokowi saja tersebut, juga tak tersedia. 

"Maaf permintaan Anda tidak tersedia dan belum dapat dilayani," demikian jawaban pusat layanan XL. 

Sebelumnya, beredar foto yang berisi ajakan serta cara mengaktifkan nada panggil lagu berjudul 'Jokowi Saja'. Foto itu memuat gambar Presiden Joko Widodo, serta mencantumkan nama Papa T. Bob sebagai pencipta lagu.

Ada pula nama Rega Rege dan Riri yang diklaim menjadi penyanyi lagu tersebut. Sedangkan sebagai penyedia layanan, tertulis empat operator, yaitu Telkomsel, Tri, XL, dan Indosat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya