Apa Itu IP Address dan Trik Melacaknya

Ilustrasi alamat domain Internet.
Ilustrasi alamat domain Internet.
Sumber :
  • telecomcanadaen.wordpress.com

VIVA – Pengguna internet umumnya sudah pernah mendengar istilah Internet Protocol address atau IP address, namun tak mendalami hal tersebut. Padahal IP address sejatinya hal yang penting. Setiap perangkat atau situs yang terkoneksi dengan internet, mereka memiliki IP address masing-masing. 

Bahasa sederhananya, IP address seperti halnya nomor telepon atau pelat nomor kendaraan. Semua punya nomor khas, demikian juga dalam koneksi di internet.

Karena banyaknya perangkat dan situs yang terkoneksi internet, maka IP address menjadi hal penting untuk mengidentifikasi apa saja yang terkoneksi ke internet. 

Dikutip dari laman BT.com, Senin 24 September 2018, standar IP address biasanya terdiri dari rangkaian digit angka tapi dengan dituliskan masing-masing terdiri dari tiga digit dengan dipisahkan dengan tanda titik. 

IP address tak kita temukan saat kita berselancar di sebuah situs. Mengapa semua yang terkoneksi dengan internet tak ditulis dengan IP address? akan terbayang bagaimana pengguna internet kesusahan. 

Bayangkan misalnya untuk mengakses laman Google dengan IP address-nya, orang berpotensi tak hafal deretan digit alamat IP address tersebut. Makanya biar ringkas, IP address itu diubah dalam bentuk nama website saja.

Nah untuk mengubah IP address menjadi nama website berbasis URL, dijembatani oleh yang namanya Sistem Nama Domain alias DNS. Pengguna internet menjadi tak pusing dengan IP address tersebut. Bahasa mudahnya, DNS merupakan pengganti IP address.