Begini Perkembangan Rumah Tahan Gempa di Indonesia

Rumah dome, rumah tahan gempa bumi bantuan Amerika Serikat di Sleman, DIY.
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri

VIVA – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi sedang mengembangkan rumah tahan gempa atau disebut dengan rumah komposit. Saat ini sudah ada beberapa prototipe yang dihasilkan.

Penampakan 21 Rumah Khusus Korban Bencana Cianjur yang Dibangun PUPR

Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, Hammam Riza, menyebut proses inovasi harus “dihilirisasi” industri. Sektor pemerintahan bukanlah tempat yang tepat untuk memproduksi rumah komposit.

"Sudah jadi rumahnya. Seperti yang tadi saya sampaikan bahwa kami bukan buat satu rumah saja tapi ada 10 ribu rumah. Itulah inovasi kami untuk merealisasi hasil rancangan kajian teknologi yang ada di BPPT," kata dia di Jakarta, Kamis 27 September 2018.

Kementerian PUPR Targetkan 80 Rumah Tahan Gempa RISHA Cianjur Selesai Akhir 2022

Hammam berharap rumah tahan gempa dapat berfungsi di daerah rawan bencana alam seperti gempa bumi seperti di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Mereka harus membangun rumah jenis tersebut untuk penduduk maupun pengungsi di sana. "Inilah yang akan kita dorong. Kita bicara ke kementerian terkait sebagai pengguna dari rumah-rumah komposit," jelasnya.

Menteri Basuki Mulai Bangun 200 Hunian Tetap Tahan Gempa di Cianjur

Ia menambahkan, BUMN konstruksi, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, ditargetkan menyelesaikan 1.500 rumah sementara untuk warga Lombok yang terdampak bencana.

Adapun program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR BUMN bertugas membangun puluhan sampai ratusan sekolah dan puskesmas. (ren)

Konstruksi Rumah Anti Gempa

Hunian Ini Diklaim Anti Gempa, Ada di Indonesia

Memilih hunian yang dirancang khusus untuk tahan gempa dapat membantu mengurangi risiko kerusakan dan cedera dalam hal terjadi gempa

img_title
VIVA.co.id
14 April 2023