Begini Video 8K Pertama di Luar Angkasa

Video 8K di Stasiun Antariksa
Sumber :
  • Twitter/@SPACEdotcom

VIVA – Kamu sudah menikmati bagaimana kualitas video 8K? tajam kan gambar dan videonya. Nah, belum lama ini video super definisi tinggi itu telah hadir di Stasiun Antariksa Internasional. 

Kapan Bumi Kiamat?

Video 8K tersebut merupakan yang pertama kalinya di stasiun antariksa. Dalam video 8K ini merekam aktivitas kru astronaut mulai dari menjalani eksperimen, sampai merekam pemandangan Bumi dari jendela stasiun tersebut. 

Dikutip dari Space.com, Selasa 6 November 2018, video 8K itu dihadirkan berkat kerja sama antara Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dengan Badan Antariksa Eropa (ESA).

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Video tersebut merekam aktivitas astronaut ESA, Alexander Gerst; astronaut NASA Serena Aunon-Chancellor dan Drew Feustel. 

Dalam video tersebut, Aunon bereksperimen dalam Plant Habitat-1 yang meneliti perbedaan genetika, metabolisme, fotosintesis dan penginderaan gravitasi antar tanaman yang tumbuh di antariksa dan di bumi. 

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Sedangkan Gerst beraksi dengan dikelilingi benda-benda mengambang bagian dari eksperimen SPHERES Tether Slosh. Penelitian ini dilakukan NASA untuk melihat sejauh mana gabungan antara peralatan fluida dengan kemampuan robot di antariksa. 

Video juga menampilkan nuansa Canadarm2, bagian stasiun antariksa yang menangkap kargo atau wahana yang mengirimkan bahan atau kru ke stasiun antariksa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya