Gara-gara Menkominfo, Warganet Pertanyakan #YangGajiKamuSiapa

Menkominfo Rudiantara dalam acara di Senayan
Sumber :
  • Twitter/@kemkominfo

VIVA – Ucapan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, "Yang gaji kamu siapa?" kini menjadi topik hangat oleh para pengguna Twitter. Muncul lah tagar #YangGajiKamuSiapa yang menduduki trending topic hingga Jumat pagi, 1 Februari 2019.

Menkominfo Jamin Starlink Tidak Ganggu Bisnis Internet lokal

Salah satu politisi PKS, Mardani Ali Sera, menggunakan tagar tersebut. Dia mengatakan bahwa akan menjadi buruk jika ada klaim mengenai uang negara menjadi uang Menteri atau Presiden.

Dia juga mengajak untuk menghormati sikap netral dari ASN.

Wejangan Menkominfo soal Merger XL Axiata dan Smartfren

"Uang negara bukan uang menteri atau uang presiden. Jadi terlihat buruk jika klaim uang itu miliknya, sehingga bisa seenaknya menghardik #YangGajiKamuSiapa. Yuk sama2 gunakan akal sehat. ASN tau bahwa gajinya dari rakyat, hormati sikapnya yg netral maupun tdk pro pemerintah," tulis Mardani dalam akun Twitternya.

Investasi Microsoft di Indonesia Terbesar dalam Sejarah

Selain itu, tak sedikit pengguna Twitter yang menyayangkan ucapan Rudiantara tersebut. Apalagi ucapan itu terlontar dari seseorang yang menjabat sebagai menteri.

Ada pula warganet yang mengatakan bahwa gaji tersebut berasal dari rakyat Indonesia yang membayar gaji ASN, termasuk dengan pendapat Menkominfo sendiri.

Polemik #YangGajiKamuSiapa berawal dari acara internal Kominfo pada Kamis, 31 Januari 2019. Saat itu ada pemilihan dua desain stiker sosialisasi pemilu yang akan ditempelkan di Gedung Kominfo.

Dalam proses pembagian, Rudiantara menyebutkan stiker tersebut sebagai desain nomor 01 atau 02. Dia juga memanggil dua Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memilih.

Salah satu ASN memilih nomor 02 dengan alasan mengenai visi misi. Setelah Rudiantara mengingatkan tidak boleh ada unsur politik, akhirnya obrolan itu berlanjut.

Namun saat kedua ASN turun panggung, Rudiantara kembali bertanya "Bu, yang bayar gaji Ibu siapa? Pemerintah atau siapa? Bukan yang keyakinan Ibu, kan? Ya, sudah terima kasih". (ren)

Ingin lihat momen saat Menkominfo Rudiantara sindir pegawai pilih nomor 02, lihat dalam video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya