Universitas di Singapura Gandeng Volvo, Luncurkan Bus Listrik Otonom

Bus otonom di NTU Singapura
Sumber :
  • News Channel Asia

VIVA – Nanyang Technological University (NTU) dan Volvo Buses pada hari Selasa, 5 Maret 2019 meluncurkan bus listrik otonom sepanjang 12 meter. Peluncuran bus ini merupakan bagian dari kerja sama kemitraan NTU dengan Land Transport Authority (LTA) dan Volvo. Program tersebut memiliki misi untuk mengembangkan dan melakukan uji coba bus otonom untuk rute tetap dan layanan terjadwal.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Dilansir dari News Channel Asia, bus otonom Volvo 7900 Electric itu, dapat membawa sekitar 80 penumpang dan memiliki 36 kursi. Kendaraan ini juga tanpa emisi dan membutuhkan 80 persen lebih sedikit energi daripada bus diesel berukuran setara.

Bus tersebut dilengkapi dengan berbagai sensor dan kontrol navigasi yang dikelola oleh sistem kecerdasan buatan (AI). Ini termasuk deteksi cahaya dan sensor jangkauan, kamera stereo-vision yang menangkap gambar dalam 3D dan sistem satelit navigasi global canggih yang menggunakan berbagai sumber data untuk memberikan akurasi lokasi hingga 1cm.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Sensor dan platform navigasi akan dikelola oleh sistem AI yang dikembangkan oleh para peneliti NTU, yang juga memungkinkan kendaraan untuk menavigasi secara mandiri melalui lalu lintas padat dan kondisi cuaca tropis.

"Memastikan keamanan dan keandalan maksimum, sistem AI juga dilindungi dengan langkah-langkah cybersecurity industri terkemuka untuk mencegah penyusupan dunia maya yang tidak diinginkan," kata sumber yang disampaikan dalam rilis berita.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Bus ini telah menjalani pengujian awal di sekitar wilayah kampus NTU sebelum diperluas ke area jalanan.

Pada April nanti, akan ada bus yang juga dijadwalkan diuji kemampuan dalam hal navigasi dan parkir aman di area pengisian daya. Bus ini adalah bus listrik Volvo yang sepenuhnya otonom.

"Kami sangat bangga memamerkan bus listrik kami yang menampilkan teknologi mengemudi otonom," kata Presiden Volvo Bus, Hakan Agnevall.

"Ini merupakan tonggak penting bagi industri dan merupakan langkah penting menuju visi kami untuk kota yang lebih bersih, lebih aman, dan lebih cerdas." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya