Situs KPU Tak Bisa Diakses

Tampilan website KPU saat sibuk
Sumber :
  • Twitter/@rismanopiani

VIVA – Usai pemungutan suara Rabu 17 April 2019, website Komisi Pemilihan Umum kembali bermasalah. Situs resmi lembaga penyelenggara Pemilu tersebut tidak bisa diakses.

Optimis Perkara Kubu Ganjar dan Anies Ditolak MK, KPU: Ahli-Saksinya Tak Berkualitas

Pantauan VIVA pada Kamis pagi 18 April 2019 pukul 08.29 WIB, situs KPU tidak bisa dibuka. Pada laman tersebut terlihat tulisan 'Oops! Website KPU sedang sibuk'.

Namun saat kembali dibuka sekitar 30 menit kemudian, website KPU sudah bisa diakses. Hanya saja, saat mengklik Pemilu 2019 yang akan menuju pada alamat pemilu2019.kpu.go.id, tidak terbuka. 

Diduga Ketiduran saat Sidang, Ketua KPU Kembali Ditegur Hakim MK

Bukan kali ini saja website dan sistem teknologi informasi KPU bermasalah. Saat perhitungan Pilkada serentak tahun lalu, Ketua KPU Arief Budiman mengakui situs lembaganya diretas. 

Saat itu, KPU harus menunda sementara penggunaan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). Sistem ini yang menampilkan hasil Pilkada dengan berbasis teknologi. 

Ahli Kubu Anies-Muhaimin Sebut KPU Bertindak Diskriminatif di Sidang MK

Tahun lalu, Arief mengatakan, tim teknologi informasi KPU berusaha terus menangkal serangan para peretas. Namun serangan terus masif dan mengganggu yang akhirnya diputuskan dihentikan sementara penayangan perhitungan hasil Pilkada. 

Empat hari lalu, situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id juga tidak bisa diakses. Website itu dirilis KPU jelang Pemilu. 

Website itu difungsikan agar masyarakat Indonesia bisa mengecek Daftar Pemilih Tetapnya. Selain itu, laman tersebut berguna untuk mengetahui lokasi di mana Tempat Pemungutan Suara (TPS). (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya