Logo DW

Harbolnas Terbesar di Dunia Siap Digelar China

Harbolnas di China.
Harbolnas di China.
Sumber :
  • dw

Hari belanja online nasional (Harbolnas) atau single day di China menjadi festival belanja online terbesar di dunia yang diselenggarakan setiap 11 November.

Festival ini juga menjadi ajang mengeruk untung sebesar-besarnya bagi perusahaan-perusahaan e-commerce raksasa China, seperti Alibaba, JD.com, dan Pinduoduo, yang menawarkan diskon besar-besaran di platform mereka.

Tahun lalu, warga China menghabiskan US$38,4 miliar atau Rp540,3 triliun untuk berbelanja berbagai keperluan di Alibaba, Tmall, dan Taobao.

Hari belanja online nasional (harbolnas) tahun ini akan diawasi dengan ketat sebagai barometer konsumsi di China yang baru mulai pulih dari pandemi COVID-19.

Para analis memprediksi konsumen China akan cenderung lebih banyak mengeluarkan uang untuk produk impor, dikarenakan banyak dari mereka yang tidak dapat melakukan perjalanan internasional akibat dampak dari penyebaran Virus Corona.

Sebuah survei yang dilakukan perusahaan konsultan Oliver Wyman menemukan bahwa 86 persen konsumen China setidaknya akan menghabiskan uang dengan jumlah yang sama atau bahkan lebih, seperti harbolnas tahun lalu.

"Dalam enam bulan terakhir ini, rumah tangga kaya sebenarnya menghabiskan lebih banyak uang," kata Sean Shen, pemimpin divisi kompetensi pelanggan dan strategi untuk firma jasa profesional multinasional Ernst & Young di China. "Kami juga melihat pembelian produk mewah meningkat karena pembatasan perjalanan internasional."