2 Teknologi Oppo Masih Dirahasiakan

Oppo AR Glass 2021.
Sumber :
  • Dok. Oppo

VIVA – Oppo baru saja menggelar Inno Day 2020 dengan membeberkan sejumlah konsep teknologi terbaru. Salah satunya memperkenalkan ponsel dengan layar gulung pertama, Oppo X 2021. Selain itu, ada juga Oppo AR Glass 2021 dan CybeReal AR. Namun, karena masih berupa konsep, maka belum diketahui kapan teknologi itu bisa ditemukan di masyarakat.

Beda Oppo Reno7 5G dengan Reno7 Z 5G yang Melenggang di Indonesia

"Karena masih berupa konsep jadi harga, spesifikasi, dan jadwal peluncuran belum jelas," kata Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, Selasa, 17 November 2020. Oppo AR Glass 2021 menyajikan bentuk yang compact dan ringan. Perangkat ini lebih ringan 75 persen dari pendahulunya yang telah diperkenalkan pada 2018.

Baca: Oppo Luncurkan Ponsel dengan RAM 6GB

Oppo Mau Kasih Kejutan Lagi di Indonesia

Kacamata tersebut menggunakan sejumlah sensor, seperti stereo fisheye camera, satu sensor Time of Flight dan satu kamera RGB. Oppo AR Glass 2021 juga dapat dihubungkan dengan smartphone untuk melakukan interaksi berbasis gerakan serta lokalisasi spasial.

Sementara itu, Oppo CybeReal AR merupakan aplikasi augmented reality yang dibangun dalam sebuah dunia digital berdasarkan dunia nyata. Sistem ini dibuat dari teknologi Oppo Cloud.

Jajaran Oppo Reno7 Mendarat Mulus di Indonesia, Tebak Berapa Harganya

Oppo CybeReal AR diklaim dapat melalukan identifikasi lokasi penggunanya secara real time dan tepat setiap milidetik. Aplikasi tersebut bisa mendeteksi pengguna dalam satuan terkecil milimeter dan toleransi sudut satu derajat.

Sistem ini merupakan gabungan dari sejumlah teknologi penginderaan. Misalnya menentukan suatu posisi akan memanfaatkan status gabungan antara IMU atau Inertial Measurement Unit (IMU), GPS, Wifi, Bluetooth, serta informasi jaringan.

Kamera dan algoritma pada Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) akan digunakan untuk mencapai lokalisasi spasial lebih akurat lagi. Sementara dengan menggunakan pembelajaran semantik, kecerdasan buatan (AI) bisa membuat smartphone dengan Oppo CybeReal AR untuk memahami apa yang sedang dilihatnya.

Informasi saja, ponsel dengan layar gulung Oppo X 2021 memiliki layar Oled dengan konsep continuously variable yang memungkinkan layar ponsel dapat dibentangkan, di mana ukuran minimumnya 6,7 inchi dan maksimal menjadi 7,4 inchi.

Dengan layar seperti ini maka akan membuat tampilan lebih lebar dan akan meningkatkan pengalaman saat menggunakan untuk membaca e-book, menonton video streaming, serta saat bermain games.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya