12 Juta Barang Terjual Online Kurang dari Setengah Jam

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Dok. Shopback

VIVA – Shopee menutup kampanye festival belanja akhir tahun, dengan mencatatkan pencapaian terbaru melalui 12.12 Birthday Sale di Indonesia tahun 2020.

Idul Adha Sebentar Lagi, Bank Muamalat Sediakan Layanan Kurban Online Pakai Mobile Banking

Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-5, Shopee memecahkan semua rekor pada 12 Desember, di mana 12 juta produk berhasil terjual dalam waktu 24 menit pertama, dan mencatatkan penjualan tertinggi dengan 1 juta produk terjual dalam 1 menit.

"Ini adalah rekor baru, di mana 12 juta barang terjual dalam 24 menit, dan penjualan tertinggi di 1 juta produk terjual dalam 1 menit," kata Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto melalui jumpa pers virtual, Senin 14 Desember 2020.

SYL Suka Belanja Baju di Mal Bareng Keluarga, Uangnya Reimburse Hasil Palak Pejabat Kementan

Christin mengatakan, pengguna di Indonesia memanfaatkan kesempatan ini untuk memenuhi kebutuhan hiburan dan kebutuhan sehari-hari seperti perawatan dan kecantikan, perlengkapan rumah, dan ponsel serta aksesori menjadi kategori dan produk terfavorit.

"Perawatan wajah menjadi prioritas pertama pengguna dalam menyambut hari raya dan tahun baru. Hingga 4.000 produk terjual tiap menitnya pada 12 Desember, dan masker wajah serta lipbalm menjadi produk terpopuler," jelas Christin.

Ekonomi Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen di Tengah Gejolak Global, Sri Mulyani: APBN Jaga Daya Beli

Di kategori perlengkapan rumah, produk tempat penyimpanan terjual hingga mencapai 2,5 juta, salah satunya adalah packaging produk dan makanan. Lalu, smartphone accessories terjual lebih dari 1,2 juta selama 24 jam pada 12 Desember.

Adapun kata kunci yang paling dicari pada 12.12 adalah "Checkout Rp100", yang merupakan salah satu promo pada puncak 12.12 Birthday Sale, lalu"gratis ongkir", menjadi salah satu kata kunci paling banyak dicari oleh pengguna.

Selain itu, Shopee melihat aktivitas belanja online bertumbuh pesat di luar wilayah ibu kota, di mana Jawa Barat mencatatkan lebih dari 1,3 juta produk terjual dalam 1 jam pada puncak kampanye.

Selain mengumumkan pencapaian 12.12, Shopee Indonesia juga mengumumkan Shopee Super Awards 2020 untuk mitra brand, mitra penjual, bank, logistik, merchant, partner enable, artis dan influencer di sejumlah kategori.

"Kami akan terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, memudahkan akses untuk memberikan pengalaman belanja online yang aman dan nyaman bagi pengguna, serta membantu bisnis menyadari peluang bertumbuh yang besar bersama e-commerce," tutur Chief Executive Officer Shopee, Chris Feng. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya