Penduduk Bumi Siap-siap Lihat Penampakan di Langit

Gerhana Matahari Cincin.
Sumber :
  • VIVAnews/Ardian

VIVA – Penduduk Bumi siap-siap untuk melihat penampakan di langit. Penampakan yang dimaksud adalah Gerhana Matahari yang akan terlihat pada Kamis, 10 Juni 2021. Fenomena tersebut terjadi ketika Bulan bergerak di antara Matahari dan Bumi, sehingga menghalangi cahaya Matahari mencapai Bumi.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Mereka yang ingin menyaksikan fenomena kosmik langka ini harus menggunakan kacamata pelindung Gerhana Matahari untuk melihat langsung peristiwa tersebut. Sayangnya, Indonesia tidak bisa menyaksikan peristiwa tersebut.

Baca: Dilarang Simpan Susunan Nomor Ilegal Ini

Kapan Bumi Kiamat?

Dalam sebuah postingan di Instagram @bosschaobservatory, Selasa, 8 Juni 2021, seorang warganet bertanya soal Solar Eclipse Ring of Fire. Akun tersebut menjawab benar adanya akan terjadinya Gerhana Matahari Cincin dengan lintasan gerhana melewati sebagian wilayah Amerika Utara (AS dan Kanada), Greenland, dan sebagian kecil wilayah Rusia.

"Indonesia akan kebagian Gerhana Matahari Total tahun 2023. Semoga berkesempatan menyaksikan," kata akun @bosschaobservatory. Peristiwa Gerhana Matahari Cincin tahun ini akan dimulai pukul 13.42 IST atau 15.12 WIB, dan terlihat oleh pengamat langit hingga pukul 06.41 IST atau 20.11 WIB.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebut peristiwa ini akan terlihat di beberapa bagian Kanada, Greenland, dan Rusia.

Gerhana Matahari Cincin akan terlihat bagi mereka yang berbasis di Kanada, Ontario utara, dan sisi utara Danau Superior. Warga Kanada bisa menyaksikan Gerhana Matahari selama tiga menit.

Ketika Gerhana Matahari mencapai puncaknya, orang-orang yang tinggal di Greenland akan melihat cincin api. Peristiwa langit ini juga akan muncul di Siberia dan Kutub Utara di Rusia.

Negara-negara Amerika Serikat (AS) dan India akan melewatkan peristiwa astronomis ini, tetapi orang-orang Pantai Timur dan Upper Midwest akan melihatnya sekilas setelah Matahari terbit.

Meski tidak melintas di Indonesia, masyarakat bisa melakukan streaming video di saluran YouTube timeanddate.com pada Kamis lusa. Adapun tautan untuk mengaksesnya di https://youtu.be/7S6dhT1voAo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya