Trik Hemat Kuota saat Pakai WhatsApp

WhatsApp.
Sumber :
  • India Today

VIVA – WhatsApp merupakan platform pesan instan milik Facebook yang paling populer dan umum yang membantu dalam berbagi konten multimedia, membuat panggilan audio, dan video melalui layanan VoIP.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Pengguna WhatsApp melakukan banyak panggilan setiap hari untuk tetap terhubung dengan keluarga dan orang yang mereka cintai. Tapi mungkin tidak banyak yang tahu panggilan suara dan video WhatsApp mengkonsumsi lebih banyak data yang juga menyebabkan terkurasnya baterai ponsel.

WhatsApp bergantung pada kecepatan internet dan menghabiskan sekitar 740KB per menit melalui panggilan suara. Konsumsi data semakin meningkat saat melakukan panggilan video WhatsApp, melansir dari laman India Today, Kamis, 22 Juli 2021.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Menariknya, ada opsi bagi pengguna untuk mengurangi penggunaan data atau konsumsi data pada panggilan suara dan video WhatsApp. Jadi, berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengurangi penggunaan data pada panggilan suara dan video WhatsApp.

Sebelum memulai proses ini, pengguna harus memastikan bahwa mereka telah menginstal WhatsApp versi terbaru, yaitu versi 2.21.12.21 untuk Android dan versi 2.21.130.15 di iOS. Langkah-langkah untuk mengurangi konsumsi data pada panggilan suara dan panggilan video adalah sebagai berikut.

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Buka WhatsApp dan klik tiga titik vertikal di sudut kanan atas layar. Kemudian ketuk opsi 'setelan' dari menu yang tersedia. Selanjutnya, klik opsi 'Penyimpanan dan Data'. Kemudian aktifkan opsi 'Kurangi penggunaan data untuk panggilan' dengan mengetuk sakelar pada opsi yang tersedia.

Mempertimbangkan kecepatan internet dan menyediakan pesan instan serta fasilitas berbagi konten multimedia, WhatsApp adalah aplikasi yang boros data. Foto dan video WhatsApp menghabiskan lebih banyak data untuk diunggah atau diunduh.

Tetapi sebenarnya, pengguna atau user dapat mengakses fitur unduhan otomatis media untuk mengurangi konsumsi data. Anda hanya perlu mematikannya dari pengaturan WhatsApp untuk menghentikan pengunduhan otomatis foto dan video dari WhatsApp.

Pengguna dapat mematikan fitur unduh otomatis media dengan menuju ke 'Setelan' WhatsApp Anda, lalu 'Penyimpanan dan Data'. Terakhir, ketuk opsi 'saat menggunakan data seluler', hapus centang di semua kotak, lalu ketuk 'Ok'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya