Anies Baswedan Saksi Kehadiran 5G Indosat Ooredoo di Jakarta

5G Indosat Ooredoo di Jakarta.
Sumber :
  • Indosat Ooredoo

VIVA – Komersialisasi jaringan 5G Indosat Ooredoo di Provinsi DKI Jakarta telah diresmikan oleh Direktur Utama dan Kepala Eksekutif, Ahmad Al-Neama bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Operator telekomunikasi itu sebelumnya perdana merilis jaringan 5G perdananya di Solo Jawa Tengah pada Juni 2021. Layanan generasi kelima memang ini masih terbatas jangkauannya di ibu kota karena baru tersedia di sekitar Monumen Nasioal (Monas), Jalan Medan Merdeka, serta Kantor Pusat Indosat Oooredoo.

"Layanan 5G akan memberikan akses ke internet broadband seluler yang lebih baik bagi pelanggan, konsumen, dan bisnis kami yang akan membantu mempercepat pemulihan ekonomi di Jakarta serta mendukung era industri 4.0," kata dia, usai peresmian jaringan 5G Indosat Ooredoo, Kamis, 26 Agustus 2021.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Menurut Al-Neama, jaringan generasi kelima ini dinilai berpotensi untuk merevolusi industri manufaktur kota, layanan publik, sektor kesehatan, dan memenuhi permintaan konten digital serta layanan hiburan mobile yang meningkat.

Untuk teknologi, Indosat Ooredoo melakukan kolaborasi bersama Ericsson, Qualcomm, Indocyber, Sonar, Sari Technology x Universitas Gunadharma, Bosch, dan MPS. Selain Jakarta, mereka segera memperluas layanan 5G di Surabaya Jawa Timur, Makassar Sulawesi Selatan, dan Balikpapan di Kalimantan Timur.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Uji Laik Operasi (ULO) dilakukan pada 3-4 Juni 2021 di area Monumen Nasional (Monas), Jalan Merdeka Barat dan Selatan - semuanya di wilayah Jakarta Pusat. 5G Indosat Ooredoo dilakukan di pita frekuensi 1.800MHz dengan lebar pita 20MHz dalam rentang 1.837,5MHz sampai 1.857,5MHz.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kondisi pandemi COVID-19 perlu dihadapi secara kolaboratif atau kerja bersama. Menurutnya, salah satu hikmah dari pandemi yaitu semakin mengoptimalkan bagaimana teknologi bisa membantu menjalankan banyak hal dengan lebih baik dan lebih efisien.

"Dampak positif lainnya adalah tumbuh besarnya kultur digital, khususnya di Jakarta. Kami sangat mengapresiasi peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di ibu kota, karena bisa dimanfaatkan untuk percepatan Smart City, Smart Government, dan Smart Society," ungkapnya.

Ia pun berharap dengan peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo akan membawa manfaat sebesar-besarnya bagi warga Jakarta, serta berkolaborasi lebih lanjut untuk membuat seluruh wilayah di ibu kota siap memanfaatkan layanan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya