Ada Wadah untuk UKM agar Bisa 'Bicara' di Level Global

Ilustrasi bisnis kuliner.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Telkomsel memberi tempat bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengembangkan bisnis dengan melakukan transformasi digital sebagai upaya meningkatkan daya saing bisnis.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Untuk itu, operator telekomunikasi pelat merah tersebut akan menggelar program bertajuk 'Digital Creative Entrepreneur (DCE) 2021', untuk mengembangkan supaya UKM go digital sehingga dapat masuk ke pasar internasional.

"Kami ingin mengakselerasi sektor UKM untuk membangun perekonomian nasional bisa beradaptasi dengan teknologi dan transformasi digital," kata General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry Priyo Santoso, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 2 November 2021.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Menurutnya, DCE 2021 yang digelar kali ini terbuka bagi para pelaku UKM bidang kuliner, fesyen dan kerajinan tangan, serta hadir dengan mengusung semangat kolaborasi yang melibatkan ekosistem digital Telkomsel (99% Usahaku, Telkomsel MyAds, dan Kuncie) dan Emtek Digital (Bukalapak, Vidio, dan KLY).

“Digital Creative Entrepreneurs 2021 diharapkan dapat menjadi peluang besar bagi para pelaku UKM dalam beradaptasi sekaligus mengimplementasikan berbagai perkembangan teknologi terkini yang dapat mendukung kemajuan usaha ke level lebih tinggi.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

"Kami juga meyakini bahwa program ini mampu menghadirkan perubahan signifikan yang berdampak bagi sektor UKM agar dapat bersaing hingga level global," tutur Andry.

Kriteria pendaftar adalah UKM yang sudah mempunyai produk sendiri dan bukan reseller. Mereka juga akan diminta menjabarkan visi dan misi serta masa depan produk mereka.

Pendaftaran program ini tidak dipungut biaya. Akan ada tahap penyeleksian dari seluruh pendaftar menjadi 150 UKM.

Peserta terpilih akan menjalani masa orientasi dan mentoring selama tiga minggu yang akan didukung oleh sejumlah ahli yang berada di ekosistem digital Telkomsel.

Kemudian, akan kembali dikurasi menjadi 15 hingga akhirnya hanya ada 9 UKM finalis. Telkomsel juga akan bekerja sama dengan sejumlah platform e-commerce untuk membuat promo diskon, serta diberi pengetahuan dari hulu ke hilir tentang seluk-beluk dunia digital UKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya