Teknologi No-Code Bakal Jadi Tren di Masa Depan

Coding.
Coding.
Sumber :
  • Bangkok Post

VIVA – Riset dari lembaga konsultasi Gartner menunjukkan, pada 2025 sebanyak 75 persen perusahaan dunia akan menggunakan teknologi No-Code, yang tidak membutuhkan coding rumit untuk membangun solusi bisnis berbasis teknologi di perusahaan.

Angka tersebut naik lebih 300 persen dibanding 2020, yang hanya 25 persen perusahaan saja memanfaatkannya. Artinya, banyak perusahaan berlomba-lomba untuk gunakan teknologi yang secara pengembangan dan fungsi sangat efisien. 

“Teknologi No-Code akan mengotomasi, seluruh unit dalam perusahaan menggunakan mulai dari sales marketing, human resources, produksi, dan lain-lain,” ujar Managing Director iSystem Asia, Aina Neva Fiati pada acara Accelerate 2021, dikutip dari keterangan resmi Jumat 3 Desember 2021.

Aina melihat, perusahaan yang menggunakan platform No-Code lebih dini akan lebih cepat meraih peluang. Terlebih bagi perusahaan yang punya lansekap industri dengan tingkat persaingan yang sangat ketat.

Ilustrasi coding atau programmer.

Ilustrasi coding atau programmer.

Photo :
  • Pixabay

Data tren teknologi ini menjadi catatan penting pada konferensi global yang digelar Creatio. Perusahaan yang berbasis di Amerika tersebut menggelar konferensi bertajuk Accelerate: No-Code Revolution, yang diadakan selama dua pekan berturut-turut secara daring dalam enam bahasa.

Pada 26 November 2021 lalu, Creatio sukses menggelar konferensi No-Code dengan Bahasa Indonesia bersama iSystem Asia.