Mark Zuckerberg Dikecam, Elon Musk Hanya Tersenyum

Mark Zuckerberg dan Elon Musk.
Mark Zuckerberg dan Elon Musk.
Sumber :
  • Fox Business

VIVA – Dua miliarder, Elon Musk dan Mark Zuckerberg, sama-sama menjadi pembicaraan menjelang akhir 2021, karena keduanya memicu kontroversi.

Kalau Musk diprotes China lantaran satelitnya nyaris bertabrakan dengan stasiun luar angkasa mereka, Zuckerberg dituding ingin menjajah Hawaii.

Pendiri Meta (Facebook) Mark Zuckerberg diketahui membeli 110 hektare tanah di Pulau Kauai, Hawaii, Amerika Serikat (AS). Aksinya ini justru menimbulkan protes dari penduduk setempat karena kepemilikannya termasuk reservoir dan hutan asli.

Dengan pembelian tersebut, maka saat ini Zuckerberg dan istrinya telah memiliki total 1.400 hektare tanah di pulau itu, yang sebagian besar adalah lahan pertanian dan konservasi.

Properti barunya termasuk Peternakan Ko'olau senilai US$100 juta atau Rp1,4 triliun dan juga Ka Loko, bendungan yang runtuh pada 2006 setelah 40 hari hujan yang menewaskan tujuh orang.

Pemilik sebelumnya disalahkan atas bencana itu. Mark Zuckerberg lalu membelinya pada November 2021 seharga US$17 juta atau Rp242 miliar, seperti dikutip dari laman Russian Today, Jumat, 31 Desember 2021.

Miliarder teknologi itu sebelumnya menghadapi tuduhan mencoba menjajah Kauai. Tindakan Zuckerberg dan istrinya dalam membeli rumah pertama mereka di Pulau Kauai pada 2014 hampir tidak bersahabat.