Kebocoran Data Bank Indonesia Terus Bertambah

Hacker.
Hacker.
Sumber :
  • Fresh Security

VIVA – Jumlah perangkat komputer milik Bank Indonesia (BI) yang terkena Ransomware Conti masih terus bertambah. Hal ini diungkapkan oleh akun Twitter @darktracer_int dalam tweet-nya.

"Conti ransomware gang continues to upload Bank of Indonesia's internal data. The first leak was 487MB of data but now it reaches 130GB. Compromised internal PCs were estimated at 16 initially, and now go up to 368," tulis akun tersebut seperti dikutip Rabu, 26 Januari 2022.

Akun tersebut mengatakan bahwa Geng Ransomware Conti masih terus mengunggah data internal Bank Indonesia.

Pertama kali data tersebut diunggah pada Kamis, 20 Januari kemarin. Ukuran datanya semula 487MB dan saat ini meningkat hingga 130GB. Komputer yang terinfeksi dari semula berjumlah 16 bertambah menjadi 368 unit.

Sebelumnya, Bank Indonesia mengaku telah menginformasikan kebocoran kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bahwa Ransomware Conti telah menginfeksi 16 unit komputer di satu cabang mereka di Bengkulu.

Tapi, menurut Peneliti Keamanan Siber Alfons Tanujaya ada cabang Bank Indonesia lain di lebih dari 20 kota di Indonesia yang terkena imbasnya.