Asteroid Akan Melintas Dekat Bumi

Asteroid / komet.
Sumber :
  • Firstpost

VIVA – Pusat Planet Kecil (Minor Planet Center/MPC) di bawah Perhimpunan Astronomi Internasional mengonfirmasi akan adanya asteroid yang melintas di dekat Bumi di awal Februari 2022.

Kapan Bumi Kiamat?

Benda ini disebut sebagai 2022 AA yang berarti asteroid pertama yang mendekati Bumi pada tahun ini.

"Asteroid 2022 AA akan melintas di dekat Bumi tanggal 4 Februari pukul 21.16 UT atau 5 Februari 2022 pukul 04.16 WIB dengan jarak 2.542.000 km dari Bumi," ujar peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, seperti dikutip dari situs BRIN, Senin, 31 Januari 2022.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Asteroid itu dilaporkan berukuran 71 meter yang bergerak dengan kecepatan 13.200 km/jam saat melintas di dekat Bumi.

Jarak ini masih lebih besar dibandingkan batas roche, yaitu jarak minimum benda langit untuk mempertahankan dirinya agar tidak pecah berkeping-keping.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Kondisi tersebut dikarenakan gaya pasang surut yang dialami asteroid sama dengan gaya gravitasi Bumi.

"Asteroid 2022 AA akan melintas di dekat Bumi secara aman dan tidak berbahaya terhadap kehidupan manusia," kata peneliti Ahli Utama Pusat Riset Antariksa BRIN, Clara Yono Yatini.

Lebih lanjut dia menjelaskan ukuran benda luar angkasa itu tidak besar dan Bumi sama sekali tidak terpengaruh dengan melintasnya asteroid ini.

"Pengaruhnya ke cuaca antariksa juga tidak ada karena umumnya cuaca antariksa dipengaruhi oleh Matahari, disamping partikel berenergi tinggi dan medan magnet di ruang antara Matahari dan Bumi," jelas Clara.

Asteroid 2022 AA baru ditemukan pada 1 Januari 2022. Asteroid ini termasuk keluarga asteroid Apollo karena jarak rata-rata asteroidnya lebih besar dari jarak rata-rata Bumi ke Matahari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya