Pers Didorong untuk Adaptasi Kemajuan Teknologi Digital

Menkominfo Johnny G Plate.
Menkominfo Johnny G Plate.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johhny G Plate mendorong pers mengadaptasi kemajuan teknologi digital, seperti big data, artificial intelligence, dan metaverse, yang dapat memperkaya data dan analisis untuk produksi dan distribusi konten industri media.

“Orientasi industri media yang baik akan tercermin dari jurnalisme yang berkualitas berbasiskan data, analisis dan pendekatan teoritis yang memadai,” katanya dalam acara Konvensi Nasional Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Selasa, 8 Februari 2022.

Di tengah dorongan transformasi digital secara global akibat pandemi, Johnny menilai bahwa transformasi tersebut juga penting dilakukan insan pers agar bisa menemukan model bisnis baru media.

Kondisi pertumbuhan arus data yang semakin besar, kata Johnny, memungkinkan perusahaan untuk melakukan identifikasi serta menyasar khalayak dengan lebih akurat.

Selain itu, perkembangan kecerdasan buatan memudahkan perusahaan untuk membangun personalisasi produk, serta layanan bagi audiens yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

“Saat ini di Indonesia pun kita melakukan melakukan roll out dan deployment 5G untuk merespons munculnya beragam teknologi, serta media digital yang baru misalnya metaverse, cloud computing, yang akan semakin mendorong pergeseran produksi maupun konsumsi di bidang komunikasi jurnalisme dan media,” ungkap dia.

Menurut laporan The New York Times yang Johnny himpun menyebutkan hampir sepertiga konten yang diterbitkan jurnalis Bloomberg News dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan atau robot reporter.