4 Cara Alien Menjangkau Bumi

Ilustrasi laser dikirimkan ke rumah alien.
Sumber :
  • www.livescience.com

VIVA – Ilmuwan telah berbagi beberapa cara untuk memanggil alien ke Bumi jika mereka benar-benar ada di Tata Surya. Kemudahan mencari kehidupan di luar Bumi merupakan salah satu aspek sains yang paling menarik juga paling kontroversial.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

National Academy of Sciences (NSA) telah mengatakan di masa lalu bahwa berkomunikasi dengan peradaban lain bukan lagi sesuatu di luar mimpi kita tetapi peristiwa alam dalam sejarah umat manusia yang mungkin akan terjadi dalam hidup kita.

Selama lebih dari 60 tahun para ilmuwan yang dibantu oleh organisasi seperti SETI (Search for ExtraTerrestrial Intelligence) telah menjelajahi luar angkasa dengan teleskop radio, tetapi sejauh ini mereka tidak menemukan apapun.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Beberapa asumsinya adalah peradaban asing belum menyerah untuk menghubungi kita, alien sudah menjangkau ribuan tahun yang lalu dan sedang menunggu tanggapan atau mereka mati karena sejumlah krisis, menurut Iosif Shklovsky, astronom radio terbesar Rusia.

Jadi, menurut para ahli mereka mungkin akan menjangkau penduduk bumi dengan cara sebagai berikut yang dikutip dari situs The Sun, Jumat, 11 Februari 2022:

Kapan Bumi Kiamat?

Laser

Sejauh yang diketahui para ilmuwan, pulsa laser yang berulang kemungkinan merupakan metode yang paling menjanjikan untuk mendeteksi kehidupan alien karena cepat dan dapat menempuh jarak yang sangat jauh.

Karena alasan itu, para ilmuwan tidak mengesampingkan bahwa alien mungkin menggunakan metode serupa untuk mencoba menghubungi manusia atau peradaban lain. SETI saat ini sedang menguji metode ini melalui proyek LaserSETI. Tetapi sejauh ini belum ada tanda-tanda kehidupan alien.

Tanda bintang

Beberapa peneliti memiliki gagasan bahwa peradaban yang sangat maju mungkin memiliki kemampuan untuk memindahkan bintang ke posisi yang aneh atau sangat geometris, yang dapat mengingatkan kita akan kehadiran mereka, menurut David Grinspoon, seorang ahli astrobiologi di Planetary Science Institute.

"Mereka dapat membangun sesuatu yang akan terlihat dari jarak yang sangat jauh melintasi galaksi atau bahkan dari galaksi lain yang jelas-jelas buatan," kata Grinspoon.

Konstruksi mega

Beberapa peneliti berpendapat bahwa megastruktur alien dapat memberi tanda untuk manusia yang mengarahkan peradaban lain ke arah mereka. Baru-baru ini Bintang KIC 8462852 secara misterius meredup kemudian menjadi terang selama beberapa tahun terakhir.

Peneliti berpendapat bahwa bintang itu berpotensi dikelilingi oleh megastruktur alien yang menghalangi cahaya dari bintang, namun juga kadang-kadang terhalang oleh planet ekstrasurya.

Gelombang radio

Gelombang radio telah menjadi metode ilmuwan Bumi untuk mencari kehidupan alien selama hampir 100 tahun. Karena gelombang radio dapat melakukan perjalanan dengan mulus melalui alam semesta, mereka ideal untuk komunikasi.

Namun banyak ilmuwan berpendapat bahwa kehidupan di luar bumi mungkin beralih ke media yang sama. Asumsinya adalah alien tidak hanya berpikir seperti kita, tetapi juga memiliki teknologi yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya