5 Fakta Jaringan 3G Akan Hilang Selamanya Digantikan 4G dan 5G

Jaringan 3G dan 4G.
Sumber :
  • HS Tech Group

VIVA –  Seiring dengan berkembangnya teknologi, jaringan 3G kini akan segera dihapus dan digantikan dengan jaringan yang lebih unggul yakni jaringan 4G bahkan akan muncul juga 5G. Hal tersebut berdasarkan wacana yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada akhir tahun 2021 lalu dari pemberitaan VIVA sebelumnya. Namun hingga saat ini hal tersebut masih dalam proses pengkajian. 

India Desak Produsen Ponsel Lebih Cepat Tingkatkan Software untuk Jaringan 5G

Jaringan 3G juga direncanakan akan dialihkan menjadi 4G pada tahun ini secara bertahap oleh Operator telekomunikasi Telkomsel di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati akses jaringan yang lebih baik. Berikut ini fakta-fakta jaringan 3G yang akan segera dihapus dan digantikan dengan 4G, dikutip dari VIVA pada Rabu, 23 Februari 2022. 

Jaringan pertama yang bisa browsing internet

Mengenal Jaringan 5G, Pahami Keunggulan dan Perkembangannya di Indonesia

Meskipun layanan jaringan generasi ketiga, tapi 3G ini merupakan jaringan yang pertama kali membawa kita untuk bisa melakukan web surfing atau browsing di internet selain melakukan panggilan telepon dan pesan teks melalui ponsel. 

Jaringan 3G akan diganti dengan 4G dan 5G

92 Persen Masyarakat Indonesia Tertarik Nyobain Jaringan 5G

Jaringan 3G memang dikabarkan akan segera dihapus dan diganti dengan jaringan yang menurut Kominfo jauh lebih unggul baik itu dari segi harga maupun kualitas yakni jaringan 4G dan bahkan yang terbaru 5G. Layanan tersebut juga akan dihapus setelah melakukan pertimbangan jika wilayah layanan telekomunikasi dapat mengakses internet 4G dan wilayahnya tersedia 4G. Jaringan 4G sendiri juga dianggap sebagai tulang punggung dari telekomunikasi nasional. 

Akan dibangun menara base transceiver station (BTS) 4G

Pemerintah diketahui akan segera membangun menara base transceiver station (BTS) 4G melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) pada wilayah yang belum tersedia  jaringan. Misalnya seperti di wilayah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T). Sementara di luar wilayah non 3T atau daerah komersial, akan dikerjakan oleh operator telekomunikasi. 

Jaringan 5G juga akan dikembangkan

Selain jaringan 4G, saat ini pemerintah juga sedang mengembangkan jaringan 5G bersama dengan operator telekomunikasi. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jaringan 3G yang akan segera dihapus. 

Kualitas jaringan yang lebih baik

Beralihnya jaringan 3G ke 4G/LTE juga bertujuan untuk menghadirkan kualitas jaringan yang lebih baik dan merata hingga bahkan ke pelosok negeri. Maka dari itu operator telekomunikasi Telkomsel juga telah memastikan kesiapan dari infrastruktur dan teknologi serta kenyamanan pelanggan yang terjamin selama berlangsungnya proses peralihan. Saat ini para pelanggan diimbau untuk mengganti jaringan yang masih 3G ke 4G dengan mengganti kartu SIM atau SIM Card mereka. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya