Pengolahan Beras Semakin Maju Berkat Teknologi

Ilustrasi beras/nasi.
Sumber :
  • Pixabay/lightluna94

VIVA – Beras merupakan makanan pokok, dengan sumber karbohidrat tinggi. Menurut Departemen Ilmu Ekonomi Institut Pertanian Bogor, Indonesia memiliki 77 jenis pangan sumber karbohidrat, dan beras masih menjadi favorit.

20 Tahun MSI Bangun Kerajaan Laptop Gaming

Tidak hanya mengenyangkan, beras memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi sebagai nasi. Selain kaya akan karbohidrat, beras juga bisa menjadi sumber serat dan berbagai nutrisi tambahan, mulai dari zat besi hingga vitamin B seperti asam folat, niasin, tiamin.

Keunikan lain dari beras, yakni bisa diolah menjadi berbagai jenis camilan, seperti rengginang dan kerupuk gendar. Keduanya tak asing bagi masyarakat yang berasal dari pedesaan.

Daftar Harga Pangan 26 Juli 2024: Cabai Merah hingga Telur Ayam Naik

Di Sumatra Barat, panganan serupa rengginang dikenal sebagai batiah, yang terutama menjadi ciri khas Payakumbuh. Sedangkan di Jawa Tengah, dikenal sebagai intip goreng, yakni kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang lalu dikeringkan dan digoreng.

Kerupuk gendar adalah olahan berbahan nasi yang dihaluskan terlebih dahulu. Tak jauh berbeda dengan intip goreng atau rengginang, jajanan ini juga biasanya dibuat dari sisa nasi.

Saham Asia Bangkit dari Zona Merah di Tengah Masa Tunggu Laporan Inflasi AS

Seiring perkembangan teknologi, olahan camilan lain yang bisa dibuat dari bahan dasar beras juga semakin bertambah. Salah satu contohnya, yakni Rice Pop. Dilansir dari Instagram @wantwant_id, Sabtu 26 Februari 2022, camilan beras asal Taiwan ini dapat dinikmati dalam berbagai kesempatan.

Masyarakat Indonesia bisa menikmati manis gurihnya snack beras khas Taiwan lewat Want Want Rice Pop. Selain itu, ada beberapa pilihan lain seperti BolaBee, BolaMoo, Icy-U, Opao, dan Want Want Yoghurt Drink. 

“Semua produk dibuat dengan teknologi berstandar internasional, jadi terjamin kualitasnya. Want Want di Indonesia juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, jadi semua variannya bisa dinikmati siapa saja,” ujar Direktur Sales Marketing PT Want Want Indonesia, Roy Alamsyah.

Roy memastikan, produk yang didatangkan dari Vietnam itu sudah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI, serta sudah lolos uji edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM.

Booth Suzuki Indonesia di GIIAS 2024

Ragu Punya Kendaraan Listrik? 3 Mobil Hybrid Suzuki di GIIAS 2024 Bisa Jadi Solusi

Teknologi hybrid menjadi salah satu sorotan utama di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Pameran otomotif terbesar di Indonesia ini menampilkan inova

img_title
VIVA.co.id
26 Juli 2024