Ilmuwan Nekat Kirim Informasi Bumi dan Foto Telanjang ke Alien

Alien mengintip Bumi.
Sumber :
  • The Mirror

VIVA – Para ilmuwan berencana untuk melanjutkan pencarian mereka untuk menemukan alien dan kehidupannya di luar angkasa dengan menyiarkan lokasi Bumi bersama dengan foto telanjang manusia pria dan wanita.

Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

Proyek Beacon in the Galaxy (BITG) mengungkapkan informasi mengenai Tata Surya, DNA manusia, dan Teleskop Radio Arecibo.

Yang terakhir disebut digunakan dalam pencarian kehidupan di luar Bumi dan pada 1974, benda itu bertugas mengirim pesan untuk mencari alien.

Trik Segel Pesan WhatsApp Tanpa Blokir, yang Lagi Marahan sama Pacar Harus Baca

Dengan berbagi lokasi Bumi bersama foto telanjang, para ilmuwan tampaknya mengabaikan peringatan yang dikeluarkan oleh mendiang fisikawan Stephen Hawking.

Pada 2015, ia sudah mengingatkan agar tidak menjangkau kehidupan asing ketika para ilmuwan meluncurkan Breakthrough Listen, proyek senilai US$100 juta (Rp1,4 triliun) yang bertujuan untuk mencari alien.

Masuk Jadi 7 Kontributor Pajak Terbesar, BUMI Raih Penghargaan Kemenkeu

"Jika Anda melihat sejarah bahwa kontak antara manusia dan organisme kurang cerdas justru menjadi bencana. Sementara pertemuan antara peradaban dengan teknologi maju versus primitif menjadi buruk bagi yang kurang maju," ujarnya kala itu.

Stephen Hawking juga memperingatkan bahwa alien yang menemukan sinyal mungkin tidak melihat manusia lebih berharga daripada ketika manusia melihat bakteri, melansir dari situs Express, Kamis, 7 April 2022.

Namun, Jamilah Hah seorang peneliti yang terlibat dalam proyek BITG tidak setuju dengan pendapat Stephen Hawking. Ia mencatat bahwa manfaatnya bisa lebih besar daripada potensi risiko.

"Kutipan Stephen Hawking benar-benar menginspirasi dan kesimpulan pribadi saya adalah bahwa setiap spesies yang mampu memahami dan menafsirkan pesan kita kemungkinan akan sama. Tidak lebih cerdas dan waspada terhadap keberadaan kita," kata dia.

Jadi, lanjut Jamilah, selama kontak didekati dengan tanda perdamaian maka dapat diasumsikan bahwa penemuan yang menyertai komunikasi lebih besar dibanding risikonya.

Ia bersama para ilmuwan telah menulis pesan dalam kode biner, yang merupakan rangkaian 0 dan 1, dalam upaya untuk menggunakan bahasa se-universal mungkin.

Setelah alien memecahkan kode pesan maka mereka akan mengungkap grafik visual manusia bersama dengan representasi Tata Surya, DNA manusia, serta Teleskop Arecibo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya