Lubang Biru Terdalam di Dunia Ditemukan, Misteri Goa dan Terowongan Tersembunyi

Lubang Biru Taam Ja di Meksiko.
Sumber :
  • Live Science/ Joan A. Sánchez-Sánchez

VIVA Tekno – Para peneliti baru-baru ini membuat penemuan mengagumkan di dunia bawah laut, yakni Lubang Biru Taam Ja' di Meksiko yang ternyata lebih dalam dari yang kita pikirkan sebelumnya. Dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Marine Science, para ilmuwan mengungkap bahwa lubang biru ini menjangkau setidaknya 1.380 kaki (420 meter) di bawah permukaan laut.

Menurut Penelitian, 20% Istri Berusia 55 Tahun Memiliki Keinginan Berganti Suami

Ini berarti Lubang Biru Taam Ja' merupakan yang terdalam yang pernah diketahui. Bahkan, para peneliti masih belum mencapai dasarnya. Ini melebihi kedalaman yang pernah dicatat sebelumnya oleh ilmuwan ketika mereka pertama kali menemukan lubang biru ini pada tahun 2021.

Lubang Biru Taam Ja Meksiko.

Photo :
  • Frontiers in marine science
Ngeri! Gelombang Panas Tewaskan 150 Ribu Orang di Seluruh Dunia

Lubang Biru Taam Ja' berada di Teluk Chetumal di lepas pantai tenggara Semenanjung Yucatan. Selama ekspedisi menyelam pada 6 Desember 2023, para peneliti mengambil pengukuran menggunakan alat yang disebut profiler konduktivitas, suhu, dan kedalaman (CTD). Hasilnya mengejutkan, dasar lubang biru ini bahkan belum tercapai. Ini menunjukkan bahwa mungkin ada gua dan terowongan tersembunyi di dalamnya.

Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa Lubang Biru Taam Ja' memiliki lapisan-lapisan air yang berbeda. Di bawah 1.312 kaki (400 meter), kondisi suhu dan salinitasnya mirip dengan Laut Karibia dan laguna terumbu karang pesisir terdekat, seperti dilansir dari Live Science. Hal ini mengindikasikan bahwa Lubang Biru Taam Ja' mungkin terhubung ke lautan melalui jaringan tersembunyi gua dan terowongan.

Wanita Ras Ini Berisiko Tertinggi Kanker Payudara! 12 Gen Kanker Ditemukan

Lubang Biru Taam Ja di Meksiko

Photo :
  • Live Science/ Joan A. Sánchez-Sánchez

Lubang biru adalah fenomena geologi yang menakjubkan. Mereka terbentuk ketika air di permukaan bumi meresap melalui batuan, melarutkan mineral, dan akhirnya menyebabkan runtuhnya batuan. Beberapa contoh lubang biru yang terkenal termasuk Great Blue Hole di Belize dan Dean's Blue Hole di Bahama.

Meskipun penemuan ini mengungkap beberapa rahasia Lubang Biru Taam Ja', masih banyak misteri yang harus dipecahkan. Para ilmuwan berharap untuk menjelajahi lebih dalam lagi dan menemukan apa yang ada di dasar lubang biru ini. Barangkali di sana terdapat kehidupan laut yang belum pernah kita ketahui sebelumnya atau jaringan gua dan terowongan yang masih tersembunyi.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan pengetahuan kita tentang lautan, semoga kita bisa mengungkap lebih banyak lagi tentang keindahan dan misteri lubang biru ini. Siapa tahu, di dalam kedalaman Lubang Biru Taam Ja' bisa tersembunyi rahasia-rahasia alam yang menakjubkan yang masih menunggu untuk diungkapkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya