Industri Global Siap Kucurkan Dana untuk Efisiensi Energi

Ilustrasi pengelolaan energi.
Sumber :
  • Dok: ABB

VIVA – Kemampuan manusia dalam mengolah dan memanfaatkan energi yang ada di alam, sudah tidak perlu diragukan lagi. Ditambah dengan kreativitas mereka menciptakan teknologi, yang mampu memproses dalam waktu lebih cepat.

Memahami Transisi Energi Bersama Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia

Sayangnya, hal itu menimbulkan dampak pada kondisi bumi. Penggunaan energi khususnya yang tidak terbarukan, membuat tanah kita berpijak menjadi rentan. Perubahan iklim menjadi isu yang sangat serius, dan memerlukan penanganan segera.

Beruntung, sudah banyak perusahaan yang memahami kondisi tersebut dan berupaya melakukan efisiensi energi. Menurut survei ABB Global bertajuk The Energy Efficiency Investment Survey 2022, ada percepatan investasi efisiensi energi di lima tahun ke depan dalam rangka mewujudkan target nol emisi.

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

Dalam survei global yang diterbitkan Sapio Research tersebut, beberapa hasil temuan utama menunjukkan lebih dari setengah atau 54 persen perusahaan telah mulai berinvestasi, sementara 40 persen lainnya berencana melakukan peningkatan efisiensi energi tahun ini.

Ilustrasi pengelolaan energi.

Photo :
  • Dok: ABB
Demi Cari Solusi Percepatan Transisi Energi, MKI Mulai Jalin Kolaborasi

Presiden ABB Motion, Tarak Mehta mengatakan bahwa pertumbuhan siginifikan penduduk dan ekonomi dunia mendorong peningkatan dampak perubahan iklim ke titik terendah, jika pemerintah dan industri tidak melakukan langkah yang berarti.

“Meningkatkan efisiensi energi merupakan strategi utama, dalam mengatasi potensi krisis tersebut. Oleh karena itu, percepatan investasi yang disoroti survei ini membawa angin segar bagi kita semua,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Jumat 27 Mei 2022.

Dari hasil survei yang dilakukan, hampir dua pertiga responden tengah memperbaharui tingkat efisiensi peralatan operasional, seperti motor listrik yang digerakkan Variable Speed Drives.

Laporan tersebut juga menyoroti beberapa hambatan investasi efisiensi energi. Mulai dari faktor biaya, hingga downtime atau penghentian operasional sebagai salah satu penghalang utama.

Sebagai informasi, survei ini diadakan sebagai bagian dari #energyefficiencymovement, sebuah inisiatif para
pemangku kepentingan yang diluncurkan ABB pada 2021 dan bertujuan meningkatkan kesadaran serta memulai aksi pengurangan konsumsi energi dan emisi karbon, dalam rangka memerangi perubahan iklim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya