Generasi Z dan Milenial Pantang Internet Goyang

VP Network Service Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel A. Moelky Furqan.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA – Konser musik dan internet saling berkaitan erat. Kalau mengambil bahasa sekarang seperti bestie alias teman dekat.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Sebab, saat ini audiens atau pengunjung didominasi oleh generasi Z dan milenial. Koneksi internet prima sudah menjadi kewajiban bagi semua operator telekomunikasi.

Sebagai informasi, Hasil Sensus Penduduk 2020 menunjukkan penduduk Indonesia didominasi generasi Z (kelahiran 1997-2012), di mana totalnya mencapai 74,93 juta jiwa atau 27,94 persen dari total penduduk Indonesia sebesar 270,2 juta jiwa.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Sementara itu, generasi milenial (kelahiran 1980-1996) mencapai 25,87 persen atau 69,38 juta jiwa.

Menurut Vice President Network Service Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel, A. Moelky Furqan, kalau pengunjung konser musik mayoritas generasi Z dan milenial bisa dipastikan mereka melakukan streaming video, IG (Instagram) Live, dan sejenisnya.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

"Jadi, yang kita prioritaskan di sini komunikasi datanya yang harus ditingkatkan. Kita juga harus tahu berapa pengunjung yang akan hadir. Dari situlah bisa diperkirakan butuh berapa BTS tambahan," kata dia di Cimahi, Jawa Barat, Minggu, 12 Juni 2022.
Menurut Moelky, melihat dari pengalaman menggelar konser musik offline Telkomsel Fest 2022 di Lapangan Manunggal Brigif 15 Kujang, Cimahi, maka dibutuhkan 3-4 menara BTS mobile tambahan dengan teknologi massive MIMO yang bisa meng-handle banyak orang 16 kali lipat dari antena BTS biasa.

"Jarak antar BTS maksimal 200 meter dan kami memiliki management event handling (MEH), yakni sebuah sistem otomatis yang bisa deteksi jumlah beban trafik (traffic load) di satu BTS ke yang lainnya," papar dia.

Meski begitu, Moelky mengklaim jika layanan data di konser musik Telkomsel Fest kali ini ditingkatkan menjadi 1.000 kali lipat, atau sekitar 980 persen, hanya untuk trafik download (unduh) dan upload (unggah).

"Begini. Kalau menggelar konser musik online maka layanan data jadi prioritas atau sekitar 80 persen. Nah, kalau di (konser musik) offline yang crowd (ramai) maka kecepatannya enggak akan mirip seperti hari normal. Misalkan, pada hari normal 25 Mbps, kalau pas crowd, setidaknyaa, jaminan 1 Mbps pasti ada," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya