Informasi Penting Ukuran Foto 1R

Ukuran Foto 1R.
Sumber :
  • Website Kompiwin

VIVA – Ukuran Foto 1R, Saat hendak mencetak foto, kita harus tahu ukuran kertas nya terlebih dahulu. Hingga saat ini, ukuran foto seri R masih terus digunakan walaupun telah ditetapkan sejak lama oleh ISO.

Pemuda di Pinrang Cetak Uang Palsu Pakai Printer untuk Beli Rokok

Ukuran kertas foto seri R bermacam-macam, ada 10R, 12R, 14R dan masih banyak lagi lainnya. Ukuran seri R sering digunakan karena menjadi ukuran foto standar internasional. Dalam foto, kebanyakan orang Indonesia memilih ukuran 10R. foto berukuran 10R sangat pas sekali untuk diletakkan di meja, dinding dan lain sebagainya.

Tapi adakalanya juga orang yang lebih memilih ukuran selain 10R tergantung pada apa foto tersebut dibuat, misalnya sebagai syarat-syarat tertentu.

Truk Terbakar di Tol Dalam Kota Bawa Gulungan Kertas, Kerugian Capai Rp 400 Juta

sebagian besar masyarakat hanya mengetahui foto 2R sebagai ukuran foto seri R paling kecil. Jika dihitung dengan satuan cm, foto 2R setara dengan 6 x 9 cm. terlalu besar untuk diletakkan di dompet, buku nikah.

Adakah ukuran foto yang lebih kecil dari foto 2R?

Sebabkan Kerugian Besar, Jangan Sepelekan Serangan Rayap di Rumah

Ternyata ada juga foto yang berukuran lebih kecil lagi, yaitu 1R. Dengan dimensi yang lebih kecil, sepertinya foto berukuran 1R ini sangat tepat untuk digunakan sebagai foto pelengkap atau diletakkan di dompet.

Foto 1R

50 x 75 mm

5x7,5 cm

Cara mengubah ke Ukuran 1R

Sebelum mencetak foto, pastikan ukuran foto telah sesuai. Tetapi, jika ukuran foto belum sesuai, Anda dapat mengubah ukuran foto dengan aplikasi Paint. Berikut caranya.

  1. Pilih gambar yang ingin Anda ubah ukurannya. Tetapi,  perhatikan ukuran pixel pada foto terlebih dulu.
  2. Pada pilihan "menu", pilih "ubah ukuran".
  3. Sesuaikan ukuran dengan ukuran yang Anda inginkan. Anda dapat memilih "presentase" atau "pixel".
  4. Jangan lupa centang checkbox "pertahankan rasio aspek" untuk mempertahankan keseimbangan gambar. Ukuran panjang dan lebar pun akan menyesuaikan.
  5. Kemudian klik "OK".
  6. Setelah ukuran selesai disesuaikan, simpan gambar dengan menekan CTRL + S atau klik "menu" kemudian pilih "save".

Saran Jenis Kertas Untuk Mencetak Ukuran Foto 1R 

Selain mengetahui ukuran kertas foto, mengetahui jenis kertas yang digunakan untuk mencetak foto tersebut juga cukup penting.

Berikut ini beberapa jenis kertas yang biasa digunakan untuk mencetak foto beurkuran 1R:

1. Glossy

Jenis kertas foto pertama yang cukup sering digunakan yaitu kertas glossy. Seperti namanya, kertas ini memiliki sifat permukaan yang mengkilap dan reflektif.

Kualitas foto yang dicetak menggunakan kertas jenis ini akan terlihat lebih hidup dan memiliki warna yang cenderung lebih mengkilap dan tajam.

Namun, kertas glossy juga memiliki kekurangan yaitu cukup rentan terhadap goresan yang bisa merusak permukaan foto.

2. Matte

Jenis kertas foto selanjutnya yang cukup sering digunakan yaitu kertas matte. Jenis kertas ini memiliki sifat permukaan yang halus namun tidak mengkilap.

Kertas ini memiliki kelebihan yaitu tekstur cetak yang bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang baik dan tahan terhadap goresan. Selain itu, sidik jari juga tidak akan terlihat pada permukaan kertas ini.

3. Luster

Kertas foto jenis ini biasa digunakan untuk mencetak foto dari kamera fujifilm. Dimana kertas ini mampu menghasilkan komposisi warna yang tajam jika dibandingkan dengan kertas jenis matte.

Kertas luster juga bisa menghasilkan warna yang sedikit berkilau dan memiliki tekstur unik seperti mutiara. Kertas jenis ini juga tidak meninggalkan bekas sidik jari.

4. Metallic

Kertas jenis metallic mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang tajam, tahan lama, dan tidak mudah tergores. Selain itu, foto yang dihasilkan akan memiliki permukaan yang terlihat mencolok, mengkilap, dan memiliki kesan metalik seperti logam.

Jika kamu akan mencetak foto, maka kamu harus memilih ukuran kertas dan jenis kertas yang tepat.

Nah, itu informasi mengenai ukuran foto 1R, semoga bermanfaat ya!

Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid Basalamah: Hati-hati Pakai Fasilitas Kantor!

Islam mengajarkan untuk berlaku jujur dan tidak menggunakan barang-barang yang bukan hak milik kita. Itulah garis besar yang coba diingatkan oleh Ustaz Khalid Basalamah.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024