Ustaz Khalid Basalamah: Hati-hati Pakai Fasilitas Kantor!

Ustaz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Youtube KHB

VIVA Lifestyle – Islam mengajarkan untuk berlaku jujur dan tidak menggunakan barang-barang yang bukan hak milik kita. Itulah garis besar yang coba diingatkan oleh Pendakwah Ustaz Khalid Basalamah

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Dalam kajiannya yang diunggah di Youtube, Ustaz Khalid mencoba mengingatkan para karyawan agar tidak menggunakan fasilitas kantor untuk keperluan pribadi. Sebab, hal itu akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Benarkah? Yuk, scroll untuk tahu lebih lengkap

“Kalau itu akad Antum adalah, Antum sebagai pekerja di situ, Antum hanya bisa pakai sebatas urusan kerjaan, maka jangan pernah pake untuk urusan pribadi. Karena nanti akan ditanya oleh Allah pada hari kiamat nanti,” ujar Ustaz Khalid di Youtube Khalid Basalamah Official, dikutip VIVA, Selasa 27 Februari 2024.

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

ilustrasi multitasking/bekerja.

Photo :
  • freepik/wayhomestudio

Bahkan menurut sang pendakwah, satu lembar kertas yang Anda pakai pun kelak akan dipertanggungjawabkan. Padahal sebenarnya, selembar kertas bisa dengan mudah Anda beli di luar sana. Namun, lain hal jika Anda meminta izin terlebih dahulu.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

“Misalnya, print keperluan sekolah anak, print untuk kebutuhan pribadi. Terus bagaimana caranya supaya halal? Minta kepada pemiliknya. Bilang sama pemilik perusahaan ‘saya mau print kebutuhan anak saya bisa gak? Kalau (dijawab) bisa, ya sudah halal,” jelasnya. 

“Tapi jangan Antum dikasih satu box pulpen untuk bekerja, 12 atau satu set satu lusin, lalu dibagi-bagi keponakan. Kenapa dibagi-bagi? Di kantor banyak. Banyak bukan buat dibagi-bagi keponakan, tapi untuk dipakai bekerja,” lanjutnya memperingatkan. 

Lebih lanjut Ustaz Khalid menceritakan, dia pernah bertemu dengan seorang syeikh yang sangat jujur. Syeikh tersebut selalu membawa dua pulpen di kantongnya. Lalu, Ustaz Khalid pun bertanya, kenapa beliau membawa dua pulpen ke mana-mana. 

“Karena biasanya ulama ini kalau buat sesuatu ada saja tujuannya. Ada ilmu di situ. Dan itu betul. Jawaban beliau, yang satu saya beli untuk kebutuhan saya pribadi, kalau mau tanda tangan pribadi, tanda tangan untuk dia transfer uang atau apa, dia tanda tangan pakai pulpen pribadi,” ungkapnya.

“Yang satunya lagi khusus untuk kantor. Saya digaji karena untuk tanda tangan, saya tidak pakai pulpen saya pribadi saya pakai pulpen kantor. Saya juga tidak pakai pulpen kantor untuk kebutuhan saya pribadi. Saking hati-hatinya orang untuk menggunakan itu,” imbuh Ustaz Khalid Basalamah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya