5 Makanan yang Patut Dihindari Saat Sahur, Dijamin Puasa Tahan Seharian

Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • pixabay

Jakarta – Saat menjalani ibadah puasa, sahur menjadi momen penting untuk menyiapkan tubuh kita menghadapi puasa seharian. Namun, terkadang kita cenderung memilih makanan yang tidak tepat, yang bisa menyebabkan rasa lapar datang lebih cepat atau menimbulkan gangguan pencernaan. Berikut adalah lima jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur:

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

1. Makanan Berlemak Tinggi

Ilustrasi makanan bersantan

Photo :
  • Pixabay
5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Makanan berlemak tinggi seperti gorengan, makanan cepat saji berminyak, atau santan dalam jumlah besar sebaiknya dihindari saat sahur. Lemak jenuh dalam makanan tersebut sulit dicerna, dan dapat menyebabkan rasa kenyang yang tidak bertahan lama. Selain itu, makanan berlemak tinggi juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

2. Makanan Manis Berlebihan

Makanan Manis

Photo :
  • vstory

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi seperti kue manis, donat, atau minuman bersoda pada saat sahur dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan menyebabkan penurunan energi secara drastis di tengah hari. Gula sederhana dalam makanan tersebut juga dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat, yang kemudian diikuti dengan penurunan yang tajam.

3. Makanan Tinggi Kafein

Ilustrasi biji Kopi.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh sebaiknya dihindari saat sahur. Meskipun kafein dapat memberikan efek sementara dalam meningkatkan kewaspadaan dan menunda rasa kantuk, konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan gangguan tidur selama hari puasa.

4. Makanan Asin dan Berbumbu Tinggi

Ilustrasi makanan, sayuran, ikan asin dan sambal

Photo :
  • VIVAnews/Ezra Sihite

Makanan yang tinggi garam atau bumbu seperti makanan olahan, makanan kalengan, atau makanan siap saji mengandung sodium tinggi yang dapat menyebabkan dehidrasi karena menarik air keluar dari tubuh. Selain itu, makanan asin berlebihan juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

5. Makanan Berprotein Tinggi

Ilustrasi daging merah.

Photo :
  • Pixabay/joon2079

Meskipun protein penting untuk menjaga kesehatan otot dan memperpanjang rasa kenyang, mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti daging berlemak, sosis, atau keju pada saat sahur dapat membuat tubuh terasa lebih berat dan lambat dalam mencerna makanan. Sebaiknya pilih sumber protein yang lebih ringan seperti ikan, telur, atau produk susu rendah lemak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya