DTI-CX Jadi Jembatan Pengembangan Transformasi Digital

Transformasi digital.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Menyambut Digital Transformation Indonesia Conference and Expo atau DTI-CX di JCC, Senayan pada 3-4 Agustus mendatang, panitia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo dan Mastel menggelar government roundtable bertajuk Enhancing Public Services with Government Digital Transformation.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Acara diadakan dengan didasari oleh kesadaran akan pentingnya implementasi teknologi digital pada sektor pemerintahan, untuk menciptakan layanan publik yang lebih efisien, efektif, dan dapat diakses oleh semua masyarakat

Bekerja sama dengan AWS serta menggandeng ASKOMPSI, DAI, dan APTIKNAS sebagai asosiasi mitra, acara digelar secara tertutup dan hanya dihadiri oleh 25 undangan yang terdiri dari perwakilan lembaga pemerintahan, kementerian, dan perusahaan swasta

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Ketua Umum Mastel, Sarwoto Atmosutarno mengatakan bahwa transformasi digital di sektor layanan publik saat ini sifatnya sangat krusial, khususnya untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Indonesia.
“Aktivitas digital economy menyumbang kurang lebih 5 persen dari PDB. Ini termasuk tertinggi di ASEAN. Oleh karena itu, peran layanan pemerintah sangat jelas dan krusial,” ujarnya di Jakarta, dikutip Kamis 1 Juni 2022.

Dalam memaksimalkan pelaksanaan transformasi digital, kesiapan infrastruktur digital dan kecepatan data sangat berpengaruh. Itu sebabnya, Kemenkominfo terus berusaha melakukan pemerataan dari infrastruktur, terutama infrastruktur jaringan, supaya koneksi dari 17 ribu pulau di Indonesia ini dapat berangsur membaik.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Mengenai isu kecepatan data, Intel telah banyak berdiskusi dengan pihak-pihak operator telekomunikasi untuk mencari solusi agar dapat menyediakan layanan yang cepat, terlebih saat ini Indonesia mulai beralih ke 5G.

“Salah satu solusi yang Intel siapkan adalah Open Run. Ini unik, karena bisa berjalan di hampir semua platform, jadi bisa diintegrasikan dengan platform interkoneksi yang lainnya,” tutur Public Sector Lead Intel Indonesia Corporation, Hendi Satrio.

Terkait sumber daya manusia dalam lembaga pemerintahan dan kementerian yang belum terbiasa akan perubahan transformasi digital, President Director PT Adhouse Clarion Events, Toerangga Putra menyatakan bahwa pihaknya siap membantu sektor pemerintahan maupun swasta untuk hal itu.

“DTI-CX menyediakan pameran, konferensi, dan seminar mengenai solusi teknologi yang dapat mendukung perjalanan transformasi digital. Selain itu, tersedia pula ruang networking antara pemerintah, BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan teknologi sehingga komunikasi yang terjalin sifatnya dua arah,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya