Data Internal Kementerian Pertanian Bocor di Dark Web

Hacker.
Hacker.
Sumber :
  • Auth0

VIVA – Data internal milik Kementerian Pertanian atau Kementan dilaporkan bocor. Peretas atau hacker yang mengatasnamakan dirinya sebagai grup ransomware Vice Society telah mengunggah dokumen tersebut ke Dark Web.

"Vice Society gang leaked internal data from the MINISTRY OF AGRICULTURE REPUBLIC INDONESIA to the Dark Web," tweet akun @darktracer_int yang dikutip VIVA Tekno pada Selasa, 28 Juni 2022.

Dalam gambar yang diunggah bersama dengan tweet tersebut, peretas menyertakan situs resmi dari Kementan http://www.pertanian.go.id beserta definisi dari Indonesia.

"Kekayaan sumber daya alam Indonesia dipengaruhi oleh iklim tropis dan letak geografisnya yang berada di antara dua benua, Asia dan Australia, serta dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia," bunyi teks dalam gambar tersebut.

"Oleh karena itu, Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan berbagai hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan," lanjutnya.

Sayangnya, akun tersebut tidak menjelaskan lebih detail mengenai data apa saja yang bocor dan berapa banyak yang terpengaruh.