Roket Tabrak Bulan Hasilkan Kawah Ganda

Bumi dan Bulan.
Bumi dan Bulan.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA mengungkapkan gambar kawah besar yang ditinggalkan oleh 'roket misterius' yang menabrak Bulan pada Maret 2022.

Foto-foto yang baru dirilis ini diambil oleh Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO), pesawat ruang angkasa robotik NASA yang saat ini mengorbit Bulan.

Mereka menunjukkan adanya 'kawah ganda' dengan lebar sekitar 92 kaki (28 meter) di dekat kawah Hertzsprung di sisi jauh Bulan.

Sebelumnya, peneliti Amerika Serikat (AS) menemukan badan roket meluncur ke satelit alami Bumi pada Januari, sebelum menabrak Bulan pada 4 Maret. Namun, hingga saat ini identitas penabrak masih belum diketahui.

Benda itu kemungkinan adalah pendorong roket dari peluncuran yang terjadi bertahun-tahun yang lalu. Tetapi baik itu China maupun Amerika Serikat (AS), tidak mengklaim bertanggung jawab atas kendaraan tersebut.

Mark Robinson, seorang profesor eksplorasi Bumi dan ruang angkasa di Arizona State University mengatakan benda itu memiliki berat sekitar empat ton dan melaju dengan kecepatan 5.700 mil per jam sebelum tumbukan.

"Identitas badan roket masih belum jelas. Tumbukan menimbulkan kawah ganda yang tidak terduga dan mungkin menunjukkan bahwa badan roket memiliki massa yang besar di setiap ujungnya," ungkap dia.