Perusahaan Kripto Celsius Bangkrut

Ilustrasi kripto.
Sumber :
  • The Verge

VIVA Tekno – Pemberi pinjaman kripto Celsius Network telah mengajukan kebangkrutan. Mereka mengaku mengalami kesulitan dalam beberapa bulan terakhir setelah jatuhnya harga kripto dan runtuhnya token utama TerraUSD pada Mei kemarin.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Celsius telah menghentikan penarikan dan transfer antar akun bulan lalu karena kondisi pasar yang ekstrem. Regulator sekuritas negara bagian di New Jersey, Texas, dan Washington telah turun tangan untuk menyelidiki keputusan mereka. 

Perusahaan kripto ini pun mengajukan perlindungan Bab 11 Undang-Undang Kepailitan Amerika Serikat (AS). Anggota komite mengatakan pengajuan hari ini merupakan keputusan yang sulit.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

"Celsius bulan lalu menghentikan penarikan, pertukaran, dan transfer pada platformnya untuk menstabilkan bisnis dan melindungi pelanggannya," ujarnya dikutip dari situs The Guardian, Kamis, 14 Juli 2022.

Percepatan penarikan akan memungkinkan pelanggan dibayar sambil menunggu Celcius untuk memanen nilai dari aktivitas penyebaran aset yang tidak likuid atau jangka panjang sebelum mereka menerima pemulihan.

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat mengatakan memiliki uang tunai US$167 juta untuk menyediakan likuiditas guna mendukung operasi tertentu selama proses restrukturisasi.

Perkiraan aset dan kewajibannya antara US$1 miliar hingga US$10 miliar secara konsolidasi. Perusahaan dalam keterangan resmi meminta otoritas untuk mengizinkan penarikan pelanggan.

Celsius Network menambahkan pihaknya telah mengajukan mosi pengadilan untuk memungkinkannya melanjutkan operasi secara normal. Klaim pelanggan akan ditangani melalui perlindungan Bab 11.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya