Google dan YouTube Siap-siap Dihukum Kominfo

Kantor Google.
Sumber :
  • Politico

VIVA Tekno – Hingga masa pendaftaran Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) ke Kominfo ditutup, Google dan YouTube ternyata memilih untuk tidak mendaftar ke situs PSE.

Google Launches No-cost AI Training Course for Teachers

Konsekuensinya, Google dan YouTube akan menghadapi sanksi administratif yang akan dikenakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Jika mengacu ke pasal 7 ayat (2) Permenkominfo No.5 Tahun 2020. Nantinya, bagi PSE yang tidak melakukan pendaftaran, maka akan dikenakan sanksi administratif berupa pemutusan akses.

Google Cari Alternatif Pengganti Password

Artinya, atas keputusan yang diambil ini, mereka akan diputus aksesnya dari Indonesia jika mengacu pada yang tertulis di peraturan tersebut.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel A. Pangerapan mengatakan, Kominfo sendiri mulai tanggal 21 Juli 2022 akan mulai menindaklanjuti terkait hal ini.

Google Masuk Sekolah, Perkenalkan Tren AI ke Pelajar Lewat GSIS

“Mulai dari 21 besok sudah mulai kita suratin, paling tidak itu mulai ada (teguran)” Ucap Semuel, di Kompleks Gedung Kemenkominfo RI, Jakarta, 19 Juli 2022.

Sebelumnya, pada 25 Juni 2022 lalu, melalui pernyataan resminya, Google yang diatribusikan ke Perwakilan Google mengatakan pihaknya telah mengetahui aturan terkait adanya peraturan PSE ini dan akan mematuhinya.

"Kami mengetahui keperluan mendaftar dari peraturan terkait, dan akan mengambil tindakan yang sesuai dalam upaya untuk mematuhi" ucap Google dalam keterangannya.

Tetapi sayangnya hingga pendaftaran PSE ini ditutup, Google tidak juga mendaftar ke Kominfo.

Melalui keputusannya ini juga, Google dan YouTube turut membantah pernyataan Semuel yang berpandangan, PSE-PSE besar yang belum mendaftar di saat-saat terakhir kemarin, akan segera mendaftar ke Kominfo pada saat deadline

"Saya gatau apa kendalanya, mungkin biasalah kaya mahasiswa, SKS, sistem kebut semalam. mungkin last minutenya.” ujar Semuel.

Sementara itu, Zoom, Apple App Store, iCloud, HBO GO, Get Contact, Snapchat, Line, Gameloft, hingga Zalora berbondong-bondong mendaftar ke Kominfo pada hari terakhir pendaftaran.

Berdasarkan pantauan VIVA Tekno hingga pendaftaran ini ditutup pada Rabu, 20 Juli 2022 pukul 23:59 WIB, jumlah PSE yang terdaftar di Kominfo berjumlah sebanyak 8.024 PSE yang terdiri dari 7.841 PSE domestik dan 183 PSE Asing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya