Rusia Ucapkan Selamat Tinggal

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Sumber :
  • Popular Science

VIVA Tekno – Rusia memutuskan hengkang atau keluar dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 2024, dan fokus membangun pos orbitnya sendiri. Hal ini diungkapkan secara tegas oleh Kepala Roscosmos Yuri Borisov.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Borisov, yang ditunjuk awal bulan ini untuk memimpin Roscosmos, mengatakan dalam pertemuannya bersama Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa negaranya tetap memenuhi kewajiban kepada mitra lain di ISS sebelum meninggalkan proyek tersebut.

"Keputusan untuk meninggalkan stasiun (luar angkasa internasional / ISS) setelah tahun 2024 sudah final,” kata Yuri Borisov, seperti dikutip dari situs Metro, Rabu, 27 Juli 2022.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Pernyataannya ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Barat atas aksi militer negeri Beruang Putih itu di Ukraina.

Terlepas dari keretakan hubungan, namun, Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) dan Roscosmos membuat kesepakatan pada awal Juli kemarin untuk terus mengendarai roket Rusia dan bagi kosmonot Rusia untuk naik lift ke ISS dengan SpaceX mulai musim gugur tahun ini.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Perjanjian tersebut memastikan bahwa laboratorium ruang angkasa akan selalu memiliki setidaknya satu orang AS dan satu orang Rusia untuk menjaga kedua sisi pos agar berjalan dengan lancar, menurut pejabat NASA dan Roscosmos.

Pertukaran itu pun sudah lama dilakukan dan diselesaikan meskipun ada gesekan di Ukraina sebagai tanda berlanjutnya kerja sama Amerika Serikat (AS) dan Rusia di luar angkasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya