Google Chrome akan Hadirkan Fitur Indikator Password

Google Chrome.
Sumber :
  • Google

VIVA Tekno – Fitur keamanan kata sandi terbaru dikabarkan akan segera hadir di Google Chrome. Yakni, fitur indikator yang dapat menunjukkan sudah seberapa kuat kata sandi yang dibuat oleh pengguna.

Artinya, kehadiran fitur ini nantinya akan dapat memperingatkan pengguna saat baru saja membuat akun online dengan menggunakan kata sandi yang lemah.

Selain itu, fitur ini juga dapat memunculkan indikator kekuatan kata sandi Chrome saat pengguna memperbarui kata sandi yang lama.

Google Launches No-cost AI Training Course for Teachers

Hal ini untuk pertama kalinya dibuktikan oleh entri Chromium Gerrit yang ditemukan oleh About Chromebook, seperti dikutip dari situs Androidcentral, Kamis, 28 Juli 2022.

Nantinya, fitur ini mungkin akan menggunakan isyarat visual untuk menunjukkan apakah kata sandi lemah atau kuat.

Google Cari Alternatif Pengganti Password

Artinya, mungkin pengguna akan melihat bilah hijau jika kata sandi baru yang dibuat telah kuat dan sebaliknya, pengguna akan melihat bilah merah jika kata sandi tersebut dianggap masih lemah, mirip dengan apa yang telah ditawarkan oleh banyak pengelola kata sandi lainnya sejak lama.

Lantas, keterlambatan hadirnya fitur ini di Google Chrome yang justru menimbulkan pertanyaan, "Mengapa baru sekarang?".

Mengejutkan bahwa browser digunakan oleh miliaran orang belum memiliki indikator kekuatan kata sandi selama ini, terutama ketika pesaing seperti 1Password dan Dashlane sudah melakukannya.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa Pengelola Kata Sandi Google memiliki pendekatan yang lemah terhadap keamanan. Faktanya, layanan tersebut sudah memeriksa kata sandi yang disusupi atau lemah dan memperingatkan Anda yang mana yang harus Anda perbarui.

Namun, indikator kekuatan kata sandi Chrome ini justru telah lama tertunda dan tiba sangat terlambat. Fitur ini baru datang disaat Google tengah bersiap untuk memperkenalkan dukungan masuk tanpa kata sandi ke Android dan Chrome pada tahun depan.

Untuk saat ini, kehadiran fitur ini merupakan tambahan yang disambut baik untuk Chrome.  Ini tidak tersedia untuk semua orang saat ini, tetapi pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkan flag di build mendatang saat kode fitur sudah mulai diluncurkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya