Coba Menghilangkan Ngantuk Pakai Cara Ini

Mengantuk di tempat kerja.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menghilangkan ngantuk memang tampak mudah dilakukan, namun terkadang agak sulit dilakukan saat seseorang tersebut sudah sangat mengantuk. 

Microsleep Intai Pemudik Bisa Sebabkan Kefatalan, Apa yang Perlu Dilakukan?

Rasa ngantuk bisa muncul kapan saja, termasuk saat belajar, bekerja, bahkan saat mengendarai kendaraan. Kondisi ini sering kali disertai dengan gejala sulit konsentrasi dan tidak mampu mengendalikan emosi. Tentunya hal ini tak bisa dibiarkan terlalu sering dan lama karena akan mengganggu produktivitas dan kegiatan lainnya. 

Rasa ngantuk yang muncul di siang hari kemungkinan bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang umum terjadi, di antaranya:

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi di Bulan Ramadhan, Saat Berbuka Puasa atau Sahur?

1. Kurang tidur

Kurang tidur merupakan salah satu hal yang sering kali membuat seseorang mudah ngantuk. Saat kurang tidur, Anda juga akan lebih sulit mengendalikan emosi dan susah fokus ketika melakukan sesuatu.

Diduga Ketiduran saat Sidang, Ketua KPU Kembali Ditegur Hakim MK

Namun, selain karena kurang tidur, keluhan sering mengantuk juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak tidur. Menurut penelitian, orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam setiap malam justru lebih mudah merasa ngantuk keesokan harinya.

2. Stres dan depresi

Stres dan depresi menyebabkan seseorang sulit tidur nyenyak pada malam hari dan akhirnya merasa ngantuk di siang hari. Depresi juga sering dikaitkan dengan beberapa masalah gangguan tidur, misalnya insomnia dan sindrom kaki gelisah (restless legs 

syndrome).

3. Dehidrasi

Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk memastikan semua sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik, sekaligus memaksimalkan energi saat melakukan aktivitas fisik.

Kurangnya asupan air minum dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi. Hal ini akan membuat tubuh Anda cepat lelah dan mudah mengantuk.

4. Konsumsi Kafein Secara Berlebihan

Kafein memang efektif untuk menghalau dan mengatasi rasa kantuk karena mengandung efek stimulan. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering, kafein bisa membuat Anda susah tidur sehingga menjadi sering mengantuk dan kurang berenergi.

Selain kafein, terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol juga tidak baik karena bisa membuat Anda sering mengantuk dan sulit konsentrasi. Oleh karena itu, selalu terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi secara teratur, serta kurangi konsumsi kopi, teh, dan minuman beralkohol.

5. Jarang Bergerak

Berdiam diri terlalu lama di depan komputer akan membuat tubuh terasa lelah dan mudah mengantuk. Untuk mengatasinya, cobalah berolahraga ringan di sela-sela kegiatan Anda di kantor. Dengan begitu, sirkulasi darah dalam tubuh akan berjalan dengan lancar.

Selain beberapa faktor di atas, keluhan sering mengantuk juga bisa terjadi karena efek samping obat-obatan tertentu, seperti obat penurun tekanan darah, antidepresan, dan antihistamin.

Rasa ngantuk berlebihan juga bisa menjadi gejala dari penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti anemia, diabetes melitus, sleep apnea, dan malnutrisi.

Cara Menghilangkan Ngantuk

Nah, berikut beberapa cara menghilangkan ngantuk yang bisa dilakukan:

Tidur Siang Sebentar

Cara menghilangkan ngantuk pertama adalah dengan tidur siang sebentar. Tak perlu lama, Cukup dengan tidur saar istirahat siang selama 15-30 menit, kita sudah bisa kembali segar. Aktivitas tidur kilat ini, dinamakan power nap dan memang sudah terbukti bisa kembali mengisi tenaga.

Minum Kopi

Cara menghilangkan ngantuk yang satu ini pasti sudah tak asing lagi, yaitu dengan minum kopi. Di dalam kopi, terdapat kafein. Kafein dalam kopi bisa memberikan energi untuk tubuh yang sedang mengantuk atau kelelahan. Karena sifatnya sebagai stimulan, minuman ini dapat meningkatkan aktivitas di otak serta sistem saraf pusat.

Sehingga, jangan heran jika setelah minum kopi, banyak orang yang akan merasa fokus serta kemampuan berpikirnya meningkat. Namun ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kafein.

Pastikan Cukup Tidur

Cara menghilangkan ngantuk yang efektif pertama adalah tidur yang cukup pada waktunya. Jika kamu punya jam tidur yang cukup yakni sekitar delapan jam sehari dan teratur, otomatis kamu tidak akan merasakan kantuk di siang hari saat beraktivitas. Hal ini masuk akal, karena tubuh sudah memperoleh istirahat cukup pada malam sebelumnya.

Minum Air Putih

Nah cara ini juga terbukti ampuh. Dehidrasi atau kurang minum bisa membuat tubuh lemas dan mengantuk. Apalagi, kelelahan merupakan salah satu tanda dehidrasi. Fungsi sel-sel tubuh akan terganggu ketika asupan cairan di dalam tubuh kamu tidak cukup. 

Oleh karena itu, cukupilah konsumsi air putih setiap harinya. Meskipun kebutuhan setiap orang berbeda-beda namun secara garis besar orang dewasa konsumsi air putih yang disarankan sekitar 8 gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter air.

Melakukan Perenggangan

Gerak tubuh merupakan cara efektif untuk menghilangkan ngantuk. Cukup dengan peregangan ringan, kamu bisa menghilangkan ngantuk tanpa harus mengonsumsi kopi. Peregangan tubuh sejenak dapat menstimulasi peningkatan denyut jantung dan berpotensi menghilangkan ngantuk walaupun tanpa kafein di kopi.

Memakan Cemilan

Faktanya, ketika kadar gula darah menurun (hipoglikemia), seseorang bisa merasakan gejala lemas, lelah, mengantuk, hingga nyeri kepala. Untuk itu, kamu bisa mengakalinya dengan rehat sejak sambil mengonsumsi camilan ringan dan sehat. 

Mengonsumsi camilan ringan nan sehat yang mengandung serat, seperti buah, sayur dan snack bar bisa jadi pilihan.

Rutin Berolahraga

Rutinitas sehat yang satu ini tidak boleh ditinggalkan dalam upaya mencegah timbulnya kantuk di siang hari. Ketika tubuh rajin berolahraga, pemakaian oksigen dalam tubuh menjadi lebih efektif dan optimal. Untuk itu, fisik akan lebih bugar dalam menghadapi beragam aktivitas. 

Maka dari itu, rutin berolahraga kira-kira 3-5 kali per minggu, selama minimal 30 menit sangat penting sebagai cara menghilangkan ngantuk. Kamu bisa memilih olahraga aerobik seperti bersepeda, lari, dan renang.

Mendengarkan Musik Ceria

Salah satu hal yang membuat rasa kantuk menyerang adalah sunyinya suasana ruang kerja. Sehingga, salah satu cara mengusir rasa ngantuk yang efektif adalah dengan mendengarkan musik yang ceria dan bertempo cepat. Musik tersebut bisa “membangunkan” otak.

Jangan Makan Siang Terlalu Berat

Makan terlalu banyak dan berat saat makan siang juga bisa membuat mengantuk. Jadi, saat makan siang, dibanding nasi padang, sebaiknya pilih asupan yang lebih ringan yang mengandung banyak sayur dan buah-buahan. Jangan makan sampai begah atau terlalu kenyang ya! 

Tidak Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama di satu tempat dan dalam posisi yang sama akan membuat mengantuk. Padahal, inilah yang setiap hari dilakukan oleh para pekerja kantoran.

Untuk menghindari rasa kantuk, kita disarankan untuk sesekali berdiri dari kursi dan berjalan ke tempat lain agar darah bisa mengalir dengan baik. Setelah itu, dijamin tubuh akan terasa lebih segar dan rasa kantuk berkurang.

Ilustrasi diet.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Salah satu faktor dalam menentukan waktu makan malam adalah jadwal harian Anda. Jika Anda bekerja pukul 9 pagi hingga 5 sore, Anda mungkin lebih suka makan pukul 6 atau 7

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024