Instagram Melirik Potensi NFT, Begini Prosesnya

Non-fungible token (NFT).
Non-fungible token (NFT).
Sumber :
  • Indiatimes.com

VIVA Tekno – Pada awal tahun ini, non-fungible token (NFT) menyita atensi publik di Indonesia setelah viralnya sosok "Ghozali Everyday" yang mendulang miliaran Rupiah hanya dalam hitungan hari. Namun, fenomena Ghozali Everyday hanyalah pemicu tren NFT di Indonesia saat ini.

Sebelumnya, eksistensi NFT sebenarnya telah tumbuh, tetapi hanya di kalangan komunitas. Lalu, bagaimana awal mula NFT dan bagaimana potensinya di Indonesia?

Dalam bahasa sederhana, NFT adalah aset digital yang mewakili kepemilikan atas sesuatu item yang unik. Sebagian besar pasar NFT saat ini berpusat di sekitar barang koleksi, seperti karya seni digital (ilustrasi, foto, musik, video), item dalam game, kartu olahraga, tiket acara, nama domain, dan barang langka lainnya.

Dengan memanfaatkan teknologi Blockchain, setiap karya digital yang dijadikan NFT diberi kode pengenal yang unik, sehingga tidak dapat direplikasi maupun diduplikasi.

Cara membuat NFT ini biasa disebut sebagai minting. Proses ini yang membuat pemilik NFT bisa memiliki hak kepemilikan (proof of ownership) yang jelas dan eksklusif, karena tiap NFT hanya punya satu pemilik dalam satu periode waktu.

NFT memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai sektor kehidupan. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari keterangan resmi, Minggu, 7 Agustus 2022:

Investasi