PLTS Atap Mambal Perkuat Transisi Energi Berkelanjutan

Ilustrasi PLTS Atap.
Sumber :
  • Dokumentasi Danone Indonesia.

VIVA Tekno – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan hari ini meresmikan secara langsung Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS Atap di kawasan pabrik Danone-Aqua Mambal, Kabupaten Badung, Bali.

Jajaki Potensi Blok Migas Internasional, Pertamina Gandeng ENI

Peluncuran PLTS Atap yang dibangun atas kerja sama dengan Berkeley Energy Commercial Industry ini sekaligus memperkuat komitmen Indonesia terhadap fokus Presidensi G20, tentang pemanfaatan energi terbarukan yang tengah berlangsung saat ini.

PLTS Atap di pabrik Mambal merupakan yang terbesar diinisiasi oleh industri di Bali. Dengan kapasitas sistem sebesar 704 KWP dapat menghasilkan listrik sebesar 1050 mega watt hours per tahun, dan dapat mengurangi sebesar 882 Ton CO2 per tahun.

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

“Salah satu isu prioritas pada Presidensi G20 Indonesia di tahun ini, adalah bagaimana mencapai karbon netral dan memaksimalkan penggunaan energi terbarukan untuk mengatasi perubahan iklim. Pemerintah terus mengembangkan transisi dari bahan bakar fosil menuju penggunaan energi bersih,” ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/tangkapan layar
Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

CEO Danone Indonesia, Connie Ang menuturkan bahwa mengatasi dampak perubahan iklim adalah bagian dari upaya perusahaan untuk terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sejahtera.

“Danone berkomitmen turut memitigasi perubahan iklim dengan ambisi penggunaan energi listrik terbarukan hingga 100 persen pada 2030, dan mencapai karbon netral pada 2050,” tuturnya.

Connie mengungkapkan, bahwa Danone-Aqua sudah memanfaatkan PLTS Atap di industri dalam negeri sejak 2017. Peresmian PLTS Atap Pabrik Mambal merupakan rangkaian perwujudan komitmen mereka di seluruh pabrik.

Selain menggunakan PLTS Atap, pabrik mereka juga telah memiliki Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN sebesar 800 MWH dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat pencapaian target bauran energi baru terbarukan di Indonesia sebesar 23 persen pada 2025. 

Dalam rencana strategis perusahaan, PLTS Atap di seluruh pabrik Danone-Aqua akan mencapai total kapasitas lebih dari 15 MWP pada 2025 yang mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 21 GWH, sekaligus mengurangi emisi karbon hingga 16.633 ton CO2 per tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya