Jejak Digital Bjorka Diketahui, Apa Pemerintah Bisa Menemukannya?

Akun Twitter hacker Bjorka.
Sumber :
  • Twitter @bjorkanism

VIVA Tekno – Peretas atau hacker Bjorka tengah dicari karena menjajakan sejumlah data pribadi dari pelanggan PLN, riwayat browsing pengguna IndiHome hingga data registrasi kartu SIM.

6 Tips Dasar Bermain Cryptocurrency

Bahkan hacker hitam itu juga berani melakukan doxing terhadap beberapa pejabat pemerintah.

Akun Twitter @darktracer_int mengungkap bahwa cara untuk menemukan Bjorka bisa melalui pelacakan mata uang kripto Bitcoin.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

"Ini adalah dompet cryptocurrency Bjorka. Ada transaksi di dompet bitcoinnya. Ini bisa membantu melacaknya," tweet akun tersebut yang dikutip pada Selasa, 13 September 2022.

Dari hasil percakapan VIVA Tekno dengan pemilik akun Twitter @b00km4rkz, Bjorka pernah mendapat 0.00263008 BTC di dompet BTC-nya namun saat ini sudah dikosongkan.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Bitcoin.

Photo :
  • U-Report

"Alamat crypto-nya sudah kosong. Tapi niatnya bisa ditelusuri ngalirnya ke mana aja. Bisa pakai Bitcoin Explorer untuk ngeceknya," ujar akun tersebut.

Alamat wallet tersebut menurutnya saat Bjorka aktif di RaidForums. @b00km4rkz menemukan jejak digital dari hacker tersebut di mana ada beberapa kesamaan.

"User Bjorka ini sebelum di BreachForums pernah terdaftar & "jualan" di RaidForums dengan level GOD & reputasi yang bagus. Terdaftar sejak 9 November 2020 di RaidForums sedangkan di BreachForum terdaftar sejak 9 Agustus 2022. Profile picturenya juga mirip," tulisnya saat memulai thread.

Dia melanjutkan, profil keybase dengan nama Bjorka menulis 'leaks.sh' pada profilnya dan memiliki perangkat Mac. Metadata salah satu fotonya dari leaks.sh juga ditemukan kesamaan perangkat Mac.

Dia juga menulis detail alamat cryptocurrency yang digunakan Bjorka untuk jual-beli.

-BTC (Bitcoin)
1LZSbb2UDsSW5KjDTCCTZt3JterAQuVR7b
-ETH (Ethereum)
0xfe7b099ea7df032f5928783156632202e09176b9
-Doge (Dogecoin)
DNJfwSxJUiUh5n6TrXURtpzciYgEe9iZy8

"Domain yang digunakan Bjorka yaitu bjork.ai dan sebelumnya leaks.sh menggunakan Name Server (NS) yang sama pada Cloudflare. Domain hostingnya juga sama. Mail Exchange (MX) domain bjork.ai diarahkan ke protonmail," jelasnya lagi.

Jejak digital hacker Bjorka.

Photo :
  • Akun Twitter @b00km4rkz

Pemilik akun  @b00km4rkz juga menulis, hasil WHOIS & DNS record leaks.sh dan bjork.ai. Untuk domain bjork.ai baru dibuat pada 9 September kemarin, di mana itu bertepatan dengan momen ramainya nama hacker Bjorka.

Dia juga tidak bisa memastikan apakah Bjorka ini berasal dari luar negeri karena jejak digital atau bukti belum mengarah ke sana.

"Kalau mau bilang susah atau tidak (menemukan Bjorka), ya pemerintah punya resource untuk itu. Harusnya bisa ketemu ya. Misal dari domain dia http://bjork.ai kan udah tau hosting di mana. Jadi harusnya tau nyarinya kemana," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya