Satgas Perlindungan Data Tinggal Selangkah Lagi Beroperasi

Kantor Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Sawangan, Depok, Jawa Barat.
Kantor Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Sawangan, Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Naufal

VIVA Tekno ā€“ Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebutkan bahwa payung hukum untuk Satuan Tugas atau Satgas Perlindungan Data sedang dibentuk agar bisa memulai tugasnya menangani serangan siber di ruang digital Indonesia.

Kehadiran Satgas Perlindungan Data melalui koordinasi antara Badan Siber Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), di mana ke semuanya diatur melalui Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam).

"Kami sudah rapat di bawah koordinasi Menteri Polhukam, yang mana saat ini sedang kami siapkan payung hukumnya. Tim-timnya juga sudah diusulkan untuk dibentuk, tahap berikutnya nanti tergantung tim itu untuk penanganan menyeluruh ya yang berkaitan dengan serangan siber di ruang digital Indonesia," kata Menkominfo, ketika ditemui di rumah dinasnya di bilangan Jakarta Selatan, Jumat, 16 September 2022.

Johnny G Plate memastikan bahwa para penegak hukum juga bekerja untuk mengamankan ruang digital Indonesia dari serangan siber yang belakangan ini semakin masif.

Ia berpendapat bahwa langkah-langkah yang diambil oleh penegak hukum disiapkan untuk sejalan dengan peraturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Logo Badan Intelijen Negara (BIN).

Logo Badan Intelijen Negara (BIN).

Photo :

"Detailnya itu (terkait aturan kerja SatgasĀ Perlindungan Data) saya tidak ikuti, karena itu kewenangannya penegak hukum," ungkap dia.